UB Tidak Naikkan Kuota Maba

MALANG – Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Ir Ypgi Sugito mengatakan, secara umum tidak ada perubahan dalam penerimaan maba tahun depan. ”Rencananya tidak akan ada perubahan, biaya studi maupun kuota akan tetap dipatok sama dengan tahun ini,” ungkapnya ditemui di Gedung Widyaloka kemarin.
Ditegaskannya UB tahun ini akan berupaya untuk tidak menaikkan biaya perkuliahannya. Hanya saja UB belum berniat menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) seperti yang dilakukan UM.
”Biayanya masih sama dengan tahun ini tidak ada perubahan,” jelasnya.
Guru Besar Fakultas Pertanian UB ini menegaskan UKT sebenarnya hanya menggabungkan pembayaran menjadi satu. Dan bukan berarti biaya akan menjadi lebih murah. Sebab di UB sudah menerapkan SPP proporsional yang menurutnya lebih adil. Dengan patokan proporsional ini maka mahasiswa akan ditarik biaya sesuai kemampuannya.
Lebih jauh Yogi membeberkan perencanaan perguruan tinggi ini masih mungkin berubah jika ada kebijakan baru dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Karena itu pihaknya masih menunggu kebijakan penerimaan maba 2013.
Sementara itu Pembantu Rektor 1 UM, Prof Dr Hendyat Soetopo mengungkapkan rapat koordinasi terkait penerimaan maba PTN seluruh Indonesia akan digelar pekan depan. Tahun ini ada beberapa perubahan kebijakan mekanisme penerimaan maba PTN melalui seleksi bersama nasional. ”Masih akan ada rapat koordinasi lagi di Jakarta pekan depan,” bebernya. (oci/eno)