Peduli Lingkungan, Kosayu Diganjar Penghargaan

MALANG - Konsistensi SMP Kolese Santo Yusup (Kosayu) 1 dalam pelestarian lingkungan berbuah manis. Kemarin (4/12) sekolah ini menerima penghargaan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang yang diserahkan Kepala DKP Drs. Wasto, SH, MH. Wasto mengaku bangga dan mengapresiasi upaya SMPK Kosayu 1 dalam melakukan penghijauan lingkungan.
"Kami salut dengan upaya pemberian bibit pohon yang secara rutin dilakukan SMPK Kolese Santo Yusup 1. Sudah tiga tahun ini kami menerima ratusan bibit tanaman, ini sangat membantu kami dalam melakukan penghijuan di Kota Malang," ujarnya. Dikatakannya, bibit pohon yang disumbangkan sangat berguna untuk mengurangi polutan akibat polusi kendaraan bermotor.  Jenis bibit yang disumbangkan adalah tanaman-tanaman keras seperti trembesi, mahoni, dan tanjung yang usianya sekitar satu tahun.
"Saya berharap upaya ini juga bisa dilakukan sekolah lain. Saat ini banyak sekolah yang memprogramkan Green School tetapi belum berimbas kepada masyarakat luas. Kegiatan seperti SMPK Kosayu 1 ini perlu dicontoh," katanya.
Menurutnya, program yang perlu diterapkan dalam membentuk karakter cinta lingkungan adalah ada wadah tersendiri seperti ekstrakurikuler lingkungan. ”DKP siap untuk membantu memberikan penyuluhan,” katanya kepada Malang Post.
Sementara itu Koordinator Kosayu Green School, menuturkan program Green School tidak hanya berdampak pada sekolah saja tetapi jug di tempat lain. "Kami berharap upaya kami dapat memberi manfaat untuk masyarakat luas. Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan sekitar," ujar Dwi Idhamanto. Dikatakannya, upaya penghijauan tidak hanya dilakukan dengan pemberian bibit pohon tetapi juga dengan melakukan penyuluhan dan penanaman sayuran di sekolah.(nin/eno)