Ciptakan Ide Agar Anak Suka Menulis

MALANG - Guru SD Islam Sabilillah, Erna Febru Aries meraih juara dua tingkat nasional dalam Lomba Kreativitas Guru (LKG) 2012. Karyanya bertajuk ’Jelajah Suku Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun’ dianggap sebagai karya orisional dan kreatif sehingga layak mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).
”Selama ini kalau pelajaran menulis biasanya siswa asyik sendiri dan ternyata suasana ini membuat mereka bosan, karena itulah saya mencoba mengajak bermain sambil belajar,” ungkapnya.
Karya tersebut dipersiapkannya selama tiga bulan dan dipraktikkan kepada siswa kelas 4. Dengan strategi ini siswa bisa lebih aktif dalam menyelesaikan tugas menulis. Selama beberapa hari diJakarta, Erna mengaku banyak mendapatkan ilmu. ”Dalam lomba ini yang terpenting selain ide adalah orisinalitas, juri sangat teliti melihat karya mana yang asli dan tidak,” ungkap Erna ditemui di sekolahnya kemarin.
Menurutnya ada salah satu finalis yang ternyata membawa tugas kuliahnya sebagai karya yang diikutkan lomba. Saat juri mengetahui hal ini peserta langsung terkena diskualifikasi. Juri yang menilai saat lomba digelar 25-29 November lalu adalah dari Kemendikbud, Universitas Negeri Jakarta dan UGM Yogya. Penilaian meliputi presentasi, wawancara dan praktik simulasi mengajar.(oci/eno)