Tak Sekadar Rekrut IQ Tinggi

MALANG - Untuk mencegah makin bertambahnya pengangguran intelektual di perguruan tinggi, Job Placement Centre (JPC) Universitas Brawijaya (UB) menggelar pelatihan dan workshop persiapan alumni menghadapi dunia kerja. Workshop dilaksanakan kemarin di Widyaloka UB diikuti sedikitnya 300 peserta.
Menurut Direktur JPC UB, Prof Dr Sc Agr Ir Suyadi MS, yang menarik dari fakta bertambahnya jumlah pengangguran intelektual adalah ternyata peluang kerja yang tersedia sebenarnya sangat banyak. Namun perusahaan sulit menemukan sarjana yang kompetensinya memenuhi kebutuhan mereka.
”Ada semacam gap atau kesenjangan antara penyedia lapangan kerja dan kompetensi lulusan, sehingga tidak semua sarjana bisa segera mendapatkan kerja,” ungkapnya.
Ia menegaskan dari hasil survey yang dilakukannya di sejumlah perusahaan pada bagian human resources development (HRD), terungkap bahwa SDM yang dicari tidak hanya sekedar memiliki IQ tinggi. Namun yang lebih penting adalah kontak sosial, kepedulian dan rasa ingin belajar.
”Jangan terlena dengan IPK tinggi saja, karena tidak jarang yang IQ nya tinggi tapi gagal bersaing di dunia kerja,” kata dia.
Seperti diketahui berdasarkan Data BPS Agustus 2012, dari jumlah penduduk Indonesia usia produktif 110,8 juta orang, sekitar 53.88 juta orang (48,63 persen) adalah lulusan SD, dan 20,22 juta orang (18.25 persen) lulusan SMP. Sedangkan lulusan unversitas yang sudah bekerja hanya sebanyak 6,98 juta orang (6,30 persen) dan lulusan pendidikan Diploma hanya 2,97 juta orang (2,68 persen).
Suyadi menuturkan angka pengangguran intelektual kemungkinan besar akan meningkat jumlahnya pada tahun mendatang. Sebab pada 2016 pemerintah mulai menerapkan aturan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI). Dimana lulusan perguruan tinggi harus menempuh ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai level KKNI.
Sementara itu dalam workshop kemarin hadir pula HRD dari Astra International Jakarta. Materi yang dikupas adalah mengenai standarisasi kualifikasi lulusan untuk memasuki dunia kerja.(oci/eno)