Ambisi Rebut Terbaik Nasional


SIAP TEMPUR: Para guru prestasi yang akan bertempur di ajang guru prestasi tingkat nasional, akan mengikuti pembinaan terlebih dahulu dari para ahli dari tingkat provinsi. (ALFINIA PERMATA SARI for Malang Post)

MALANG - Para guru prestasi asal Kota Malang yang berhasil menyabet gelar juara umum tingkat provinsi, akan mendapat pembekalan sebelum berangkat pada kompetisi tingkat nasional, beberapa minggu setelah libur lebaran.
Jianto, Kasie Fungsional Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang mengatakan, pemberian materi akan diberikan langsung dari para professional seperti professor atau guru besar, dari beberapa universitas negeri pencetak guru di seluruh Jawa Timur.
Sama hal nya dengan para pejuang lain, Dindik juga telah menggembleng para delegasi Kota Malang tersebut, agar dapat meraih gelar juara umum di tingkat nasional.
“Di tingkat provinsi kita sudah dapat, semoga di tingkat nasional kita juga dapat,” jelasnya.
Adapun proses pendampingan dari Kota Malang diberikan langsung dari mantan guru prestasi dan juga pihak Dindik, berupa pendampingan materi dan juga kesiapan mental. Jianto mengaku terus memantau para guru prestasi sebelum mengikuti ajang nasional.
“Kami terus melakukan pemantauan kepada mereka, kekurangan masing-masing individu bagaimana. Itu yang akan kami bina lagi,” ujarnya.
Selain itu, alumni guru prestasi sebelumnya juga memberikan pendampingan dan juga berbagi pengalaman pada saat mereka maju hingga tingkat nasional.
Karena beban kompetisi semakin sulit, Jianto memperkirakan pembinaan provinsi akan mengacu pada akademik masing-masing guru. Selain itu, guru juga akan dilatih soal pengetahuan umum. “Materi inti sesuai bidang mereka masing-masing, tetapi tidak menutup kemungkinan ada materi tambahan seperti pengetahuan umum,” jelasnya.
Tak hanya itu, para guru prestasi pun juga diminta menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Ini akan menjadi pertimbangan utama penilaian dewan juri. Para guru prestasi juga akan menampilkan kelebihan mereka masing-masing. Jianto juga menegaskan, pembinaan tingkat provinsi akan lebih ketat jika dibandingkan dengan pembinaan dari dalam kota.
Adapun nama-nama yang akan bertempur membawa nama Kota Malang dan provinsi Jawa Timur dalam ajang guru prestasi tingkat nasional nanti adalah Dewi Endah Sari, S.Pd. M.Pd, guru biologi jenjang SMA dari SMAN 1 Kota Malang.
Sedangkan di jenjang SMP, diwakili oleh Kepala SMPN 22, Anny Yulistyowati, S.Pd. M.Pd, jenjang SMK diwakili oleh Kepala SMKN 13, Dra. Chusnul Chotimah, M.Pd, dari jenjang pengawas diwakili oleh Dr. Ida Yuastutik, M.Pd dari pengawas SD. Terakhir, di jenjang SDLB Negeri diwakili oleh Sulistyowati, S.Pd dari SDLB Negeri Kedungkandang. (nia/oci)