Asiknya Belajar di Taman Edukasi


MALANG – SDN Model Togowaru Kota Malang menggunakan taman edukasi sebagai media pembelajaran bagi siswanya. Berlatar belakang dari rasa kebosanan yang ditunjukkan oleh siswanya, kini akhirnya taman edukasi terus dimanfaatkan oleh tim pengajar.
Ariyanti Dewi S.Pd Humas SDN Model Tlogowaru mengatakan jika belajar mengajar di luar sekolah bisa lebih menghidupkan lagi suasana yang kondusif.
”Jika dibandingkan dengan pembelajaran di kelas, pembelajaran di luar kelas jauh lebih membuat suasana hidup,” tambah Ariyanti.
Ariyati membeberkan jika taman edukasi ini adalah fasilitas sekolah yang memang dilakukan untuk sistim pembelajaran yang sudah mulai dilakukan di luar kelas.
“Kita sekarang sudah mulai sering menerapkan taman edukasi ini selayaknya kelas,” tambah Ariyanti.
Ia mengatakan, minimal dalam seminggu ada dua hingga tiga kali pembelajaran yang berlokasi di taman edukasi.
Penerapan untuk belajar outdoor degan memanfaatkan taman edukasi ini dikatakan Ariyanti sebagai upaya untuk memberikan stimulus alam kepada anak-anak, agar mereka merasa dekat dan menyatu dengan alam, serta bisa menanamkan nilai-nilai kepekaan terhadap alam.
“Selain menciptakan suasana yang lebih segar dan kondusif, manfaat lain bisa memberikan siswa stimulus baru,” jelas Aryanti.
Ia mengatakan, jika pembiasaan belajar di alam ini akan terus dilakukan dengan tujuan-tujuan yang ingin dicapai tersebut. Karena siswa SD lebih sering merasa bosan dan belum bisa mengerti cara mengendalikan diri, cara belajar di alam adalah tepat untuk mengatasi masalah itu.(mgb/oci)