Calon Kepala Sekolah Probolinggo Berguru ke Kota Malang

MALANG- Calon Kepala Sekolah (CKS) asal Probolinggo menimba ilmu ke Kota Malang, Rabu (10/8). Kunjungan tersebut dilakukan ke SDN Kauman 1, dalam rangka studi banding.
Andri Purwanto, kepala bidang pendidikan dan pelatihan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Probolinggo menyadari, tingginya prestasi dan penataan manajemen sekolah yang berada di Kota Malang, menjadi alasan mengapa ia mengirim 26 CKS berguru ke Kota Malang.
“Kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian dalam rangka mempersiapkan calon kepala sekolah, untuk proyeksi dua tahun mendatang menggantikan kepala sekolah sebelumnya,” ujarnya dalam sambutan.
Selain itu, Andri mengungkapkan, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi CKS, agar saat menjabat mereka dapat menyusun dan menjalankan program kerja yang mampu melahirkan prestasi dan kualitas pendidikan Kota Probolinggo semakin baik.
Rombongan CKS tersebut melihat langsung proses pembelajaran selama berada di SDN Kauman 1 Kota Malang. Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Klojen, Drs. H. Samsul Maarif, MM menanggapi kunjungan tersebut sebagai bukti, bahwa pendidikan di Kota Malang mulai diterima masyarakat, bahkan menjadi medan jujugan bagi kota lain.
“Kami sangat terbuka dalam berbagi ilmu. Rasanya tidak eman (sayang) untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat,” imbuhnya. Di lain sisi, Kepala SDN Kauman 1 Kota Malang, Dra. Anita Rosemaria, M.Pd mengatakan, siap memberikan pengalaman tentang sesuatu yang telah dimiliki, berdas arkan pengalaman yang telah dijalankan dan dievaluasi, sehingga menghasilkan sesuatu yang terbaik.
“Tentunya ilmu yang benar-benar kami kuasai, kami siap memberikan berbagai hal yang dibutuhkan atau diminta oleh pihak yang percaya kepada capaian kami,” ujarnya. Seolah tak ingin kehilangan kesempatan, beberapa perwakilan CKS Kota Probolinggo memanfaatkan pertemuan tersebut dengan menanyakan mengenai tata cara menyusun program kerja, bagaimana membuat proses belajar mengajar efektif dan efisien, serta proses komunikasi dan kordinasi yang efektif. (nia/oci)