Datangkan Motivator Nasional


MALANG - Sebanyak 128 siswa kelas VI SD Insan Amanah mengikuti kegiatan Learning Motivation Training (MLT) di Villa Hidayatullah Kota Batu, Rabu (7/9) lalu. Kegiatan ini digelar untuk memotivasi siswa agar terus bersemangat dalam belajar dan berlatih.
MLT yang telah menjadi program rutin SD Insan Amanah, dikemas dengan berbagai agenda yang juga mencakup dalam penguatan mental dan spiritual peserta didik.
Tak main-main, kegiatan MLT tahun ini SD Insan Amanah mendatangkan dua motivator sekaligus. Yaitu dr. Gamal Albinsaid dan Mohammad Syamsun selaku motivator nasional dengan segudang prestasi. Dengan hadirnya dua motivator kondang tersebut, siswa diharapkan tidak hanya termotivasi dalam belajar, namun juga semakin rajin beribadah, tawadu’ pada guru dan orangtua serta menjadi pribadi yang disiplin, jujur, mandiri dan berpendirian teguh.  
Wakil Kepala Urusan Akademik, Fatmah, S. Pd mengatakan dr. Gamal lebih melakukan sharing tentang pengalamannya salama menjadi siswa. Gamal menceritakan cara belajar yang baik hingga menjadi orang hebat seperti sekarang ini.
Sementara Kak Acun, sapaan akrab Mohammad Syamsun, lebih menyampaikan materi tentang pentingnya karakter dan perilaku yang luhur. Ia menegaskan bahwa kesuksesan siswa dicapai tidak hanya karena kerja keras tapi juga karana ketawaduan serta keridoan guru dan orangtua. “Tanpa diiringi doa dari guru dan orangtua mustahil kesuksesan itu dicapai,”  ujar Kak Acun seperti yang dikatakan Fatmah.
Fatmah sendiri menjelaskan pendidikan tidak hanya diperoleh dari dalam kelas saja, namun juga dapat dicapai melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan di luar sekolah. “Tujuan dari kegiatan Learning Motivation Training ini adalah membangun karakter-karakter positif. Dan kami berharap anak-anak dapat mengasah potensi diri mereka”, katanya.
Sebelum LMT guru telah mempersiapkan rancangan program khusus demi upaya pembentukan karakter kepribadian yang unggul dan berkualitas. Termasuk di dalamnya ada kegiatan permainan berupa outbond. Seperti  bola keseimbangan, water power dan hola hop. Tak hanya itu, yang menarik dan cukup menguji nyali adalah kegiatan rafting bekerjasama dengan pihak kaliwatu rafting. “Tujuan dari semua permainan ini untuk menjaga keseimbangan fisik, pemikiran, dan mental agar anak-anak memiliki semangat baru,” terangnya.  
Selain menjaga keseimbangan fisik dan mental, yang tak kalah penting adalah terbentuknya sifat-sifat kepemimpinan, kerjasama tim dan manajemen diri pada diri siswa. Oleh karena itu para guru sengaja mencari game yang bersifat kordinasi dan teamwork.  “Dengan agenda ini anak-anak menjadi senang dan dapat meluapkan ekspresinya. Lebih dari itu kami juga berharap lahir dalam diri anak-anak kami sifat-sifat leadership, teamwork dan manajemen diri,” tukasnya.
Salah satu peserta LMT, M. Fahmi Novriza mengaku senang mengikuti kegiatan hingga usai. Selama dua hari ia dan teman-temannya diajarkan bagaimana bersikap disiplin dan belajar yang baik. Apalagi dengan adanya outbond membuatnya semakin bersemangat dan senang. “Saya senang sekali ikut LMT. Kegiatan ini membuat saya termotivasi untuk lebih semangat belajar,” katanya saat ditemui Malang Post. (imm/sir/bua)