Di Hadapan Orangtua, Siswa Bacakan Impian Terbesar


MALANG – Parenting class merupakan kegiatan pembekalan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) yang diadakan oleh SMA Laboratorium UM. Sekitar 700 peserta didik kelas XII beserta orangtua mengikuti kegiatan ini di Hotel Ollino Garden pada sabtu (27/8) kemarin.
“Ada dua sesi dalam kegiatan ini yaitu pemberian materi kepada orangtua dan siswa di ruang yang berbeda. Sesi kedua seluruh siswa naik ke panggung untuk membacakan lima impian terbesar di hadapan orangtua,” ujar Humas SMA Laboratorium UM, Dra. Jumiati, M.Pd.
Kegiatan ini menghadirkan Umar Kadafi, CH, CHt, CI, SELF. MNLP sebagai pemberi materi kepada orangtua dan materi untuk siswa disampaikan oleh Biggie Noviandi, S.Si. Materi yang disampaikan kepada orangtua membahas mengenai cara mengubah perilaku anak melalui teknik hipnoterapi, sedangkan materi yang disampaikan kepada anak berkaitan dengan mewujudkan mimpi.
“Problematika remaja saat ini sudah beranekaragam khususnya bagi remaja SMA, mereka tidak suka dimarahi dan digurui, perlu adanya kerjasama antara guru dan orangtua untuk mendidik anak dengan baik di lingkungan sekolah maupun di rumah,” ungkap Umar Kadafi.
Menurutnya, guru beserta orangtua harus sama-sama belajar ilmu psikologi, salah satu prinsip psikologi yaitu kata-kata bisa mempengaruhi pikiran. Sehingga bagi orangtua yang masih menggunakan kata-kata negatif untuk menegur anak sebaiknya mulai dirubah dengan kata-kata positif demi tercapainya kesuksesan dunia dan akhirat.
Melalui kegiatan ini orangtua juga dapat belajar mengatur kata-kata tertentu yang bisa mempengaruhi anak dan mengubah perilaku anak. SMA Laboratorium UM mengajak para orangtua untuk bersama-sama melakukan teknik hipnoterapi guna menumbuhkan motivasi dalam belajar dan mencapai impian.
“Untuk menghadapi UN kita lakukan berbagai persiapan seperti kegiatan Parenting Class ini. Sebelum masuk pada bimbingan belajar, kita tumbuhkan dulu motivasi anak bagaimana mimpinya serta bagaimana menggapai mimpi. Kegiatan parenting class ini tidak hanya dihari ini, tetapi akan ada kegiatan lanjutan yaitu orangtua mengajar di kelas untuk memberikan motivasi,” imbuh Rosdiana Amini, M.Pd, Kepala SMA Laboratorium UM. (sir/mp5/oci)