Fakultas Kedokteran se Indonesia Kampanye Obat Herbal

SAMBUTAN: Rektor Unisma Prof. Dr. Maskuri, M.Si memberikan sambutan dalam acara Temilnas. (Foto Shinta/Malang Post)

MALANG – Fakultas Kedokteran Unisma mengadakan Temilnas (Temu Ilmiah Nasional) yang dihadiri oleh 34 Fakultas kedokteran dari perguruan tinggi nasional seluruh Indonesia. Temilnas ini diadakan di Hotel Horison, Malang Jawa Timur Sabtu, (30/7/16). Temilnas yang membahas tentang pemanfaatan obat-obatan Herbal ini dihadiri pula oleh tokoh kesehatan Nasional.
“Tema ini diambil karena kita dari praktisi kesehatan khususnya dunia kedokteran ingin lebih bisa memanfaatkan serta menggunakan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia, mengingat Indonesia kaya akan hasil aneka hayati,” ujar dr. HRM Hardadi Airlangga Dekan FK Unisma.

Melalui forum ini, ia ingin memberitahukan kepada generasi penerus kedokteran yang hadir, untuk bisa menjadi partisipan yang turut berperan dalam pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia. Menurutnya. Keanekaragaman hayati yang dikemas menjadi ramuan obat herbal akan memiliki manfaat bagi masyarakat “Istilahnya dari Indonesia dan untuk Indonesia,” jelasnya.
Mewakili pemerintah, Dra. Meynarwati Apt,. M.Kes mendukung adanya acara ini. “Saya selaku yang mewakili kementerian kesehatan sangat tertarik dan mendukung tema ini, membantu pemerintah untuk mengelola alam dan memanfaatkan kekayaan sumberdaya alam hayati,” ujar Meynarwati.
Ia pun mengharapkan, melalui tema acara ini para calon pelaku medis dunia kedokteran nantinya bisa mengimplementasikan ragam hayati menjadi obat herbal yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.
Rektor Unisma Prof. Dr. Maskuri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan mahasiswa FK Unisma dan yang lainnya bisa saling berbagi ilmu, berbagi ide. Ia juga ingin, melalui pembicara dan materi yang disampaikan nanti, mahasiswa FK Unisma bisa menjadi calon dokter yang berkarakter dan mampu membuat obat-obat herbal untuk membantu pemerintah dan mengamalkan ilmu mereka. (mgb/oci)