Jelang UN, SMA Lab Gelar Parenting Class


MALANG – Jelang Ujian Nasional (UN), SMA Laboratorium UM menggelar Parenting Class. Kegiatan ini diikuti sekitar 700 peserta didik kelas XII beserta orangtua di Hotel Ollino Garden, hari ini, (27/8/16).
“Kegiatan parenting class ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara orangtua dan wali kelas, sebagai memotivasi peserta didik kelas XII yang sebentar lagi akan mengikuti UN,” ujar Kepala SMA Laboratorium UM, Rosdiana Amini, M.Pd.
Meskipun UN bukanlah penentu utama kelulusan peserta didik, menurutnya, pelaksanaannya perlu perencanaan, monitoring belajar, serta evaluasi yang strategis. Dengan kegiatan parenting class ini dapat memberikan dampak positif untuk meningkatkan motivasi dan keseriusan siswa dalam belajar.
Orangtua memiliki peran penting dalam keberhasilan pendidikan anak, lantaran orangtualah yang pertama kali memahami karakter dan kepribadian anak secara mendalam. Dengan adanya komunikasi yang baik antara orangtua, siswa, dan guru diyakini mampu memaksimalkan keberhasilan tersebut.
SMA Laboratorium UM menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi antara guru dan orangtua, dengan demikian kedua belah pihak akan mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa di lingkungan sekolah.
“Parenting class juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orangtua mengenai cara sederhana mendidik anak sesuai prinsip psikologi dan agama dengan teknik hipnoterapi dalam menangani masalah. Kegiatan ini juga memberikan keberanian kepada peserta didik untuk mengutarakan mimpinya di hadapan orangtua,” imbuh Humas SMA Laboratorium UM, Dra. Jumiati, M.Pd.
Dalam kegiatan ini, para orangtua juga guru bersama-sama mencari solusi dari setiap permasalahan melalui teknik-teknik terapi dan hipnoterapi pada anak yang akan disampaikan oleh tim SWK (Super Wali Kelas) Umar Kadafi , CH, CHt, CI, SELF. MNLP. Para peserta juga diberikan waktu untuk berdiskusi secara mendalam mengenai cara mengubah perilaku anak secara tepat. (sir/mp5/oci)