Kenalkan Budaya Jawa untuk Mahasiswa Afirmasi


LAYANAN: UM tak hanya menerima mahasiswa dari pulau Jawa saja, tetapi juga yang berasal dari Indonesia Timur dan daerah 3T. (Foto Nia/Malang Post)


MALANG - Universitas Negeri Malang (UM) akan menerima 24 mahasiswa  program afirmasi pendidikan tinggi bagi putra-putri Papua dan bagi mereka yang berasal dari daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T).
Kepala Bagian Akademik Hery Suwito mengatakan, agar mahasiswa afirmasi betah kuliah di Jawa, akan dilaksanakan kegiatan memperkenalkan budaya Jawa, yang dikemas dalam orientasi kampus khusus membahas tentang martikulasi.
Hery menjelaskan, agar pengemasan kegiatan semakin kreatif, akan dilakukan di sela-sela program pembelajaran.
 “Jadi sembari kuliah sambil kenalkan budaya di Malang,” jelasnya. Upaya tersebut dilakukan UM agar mahasiswa afirmasi tidak mengalami shock culture selama berada di tanah Jawa.
Apabila mahasiswa afirmasi sudah mengenal budaya di tanah Jawa, lanjut Hery, kegaduhan dapat teratasi dan diminimalisir. Ia menegaskan, jika mahasiswa afirmasi menimbulkan masalah selama program berjalan, maka pihak kampus tak segan mencabut dan mengembalikan mahasiswa tersebut, ke daerah masing-masing.
Hery menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung pemerataan pendidikan hingga ke daerah, yang secara faktual mengalami kesulitan dalam memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas. “Tujuan utamanya adalah pengembangan SDM di luar Jawa,” jelasnya.(nia/oci)