Kenalkan Produk Olahan Susu Kambing Etawa pada Siswa SD


BATU – Kalsium merupakan zat gizi yang baik dalam membantu proses pertumbuhan pada anak-anak. Minuman yang mengandung kalsium cukup tinggi diantaranya adalah susu. Namun, pemenuhan konsumsi susu masih tergolong rendah, terutama di kalangan anak-anak Dusun Banaran Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.
Karena itu, kelompok Mahasiswa KKN PPM (Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) 154 UMM melakukan program sosialisasi pada para siswa SD Muhammadiyah 5 Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Senin (15/8).
Program dalam bentuk penyuluhan kepada para siswa SD Muhammadiyah 5 Bumiaji Kota Batu itu tentang produk makanan olahan dari susu kambing dan mengajak para siswa gemar mengkonsumsi makanan olahan dari susu kambing etawa.
Sekitar 130 siswa mengikuti sosialisasi tersebut. Kelompok KKN PPM 154 ini  merancang program yang terfokus pada pengolahan susu kambing etawa. Selain mengadakan sosialisasi, juga dibagikan produk makanan olahan kambing etawa  yang diolah sendiri Mahasiswa KKN kepada para siswa. Produk makanan diolah semenarik mungkin agar disukai anak-anak untuk dikonsumsi. “Kami membuat makanan olahan ini agar anak-anak nantinya suka dan gemar mengkonsumsi susu kambing etawa,” kata Nilam Karunia Putri, penanggung jawab program sosialisasi.
Makanan olahan itu diantaranya puding, permen dan kerupuk. Produk makanan ini memang khusus dibuat untuk menjalankan program sosialisasi dalam meningkatkan gemar mengkonsumsi susu kambing etawa pada anak khususnya di desa Bumiaji.
Sosialisasi yang disampaikan mengulas tentang manfaat dan nilai gizi dari susu kambing etawa. Alasan utama dipilihnya susu kambing etawa karena banyak masyarakat di Bumiaji terutama anak-anak yang kurang suka mengkonsumsi susu kambing karena aroma dan rasanya lebih amis.
Tidak hanya susu sapi saja yang memberikan gizi yang baik bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya, tetapi susu kambing etawa juga memiliki nilai gizi yang tidak kalah hebatnya dari susu sapi. “Di lingkungan Desa Bumiaji ini, kami amati masih sedikit anak yang mengkonsumsi susu,” ujar Nilam.
“Dipilihnya SD Muhammadiyah 5 Bumiaji sebagai target sosialisasi karena masih banyak anak yang bersekolah di sana yang kurang diperhatikan nilai gizinya,’’ tambahnya.
Kegiatan sosialisasi juga diselingi dengan kuis cerdas cermat antar siswa. Para Mahasiswa KKN juga menyediakan hadiah agar anak-anak lebih bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa hari sebelum sosialisasi, beberapa mahasiswa KKN juga turut membantu proses belajar mengajar siswa di SD Muhammadiyah 5 Bumiaji. “Siswa-siswi di sini begitu antusiasnya mengikuti sosialisasi yang disampaikan mahasiswa KKN dari UMM, anak-anak terlihat akrab dengan mahasiswa KKN karena beberapa hari sebelumnya mereka ikut membantu mengajar di sekolah kami,” kata Drs. Ahmad Syahruddin, guru SD Muhammadiyah 5 Bumiaji saat ditemui Malang Post, kemarin.
Syahruddin juga mengharapkan program-program KKN seperti ini selanjutnya akan berdampak positif bagi masyarakat Bumiaji pada umumnya. Nilam mengemukakan harapannya agar tingkat konsumsi susu masyarakat di Dusun Banaran ini semakin meningkat, apalagi di lingkungan sekitar masih banyak dijumpai para peternak susu kambing maupun susu sapi. Dengan demikian masyarakat ikut serta dan peduli dalam program perbaikan kualitas gizi di Indonesia. (dam/sir)