Keren, Manfaatkan Smartphone untuk Ulangan Harian


MALANG - Jangan heran kalau melihat siswa SMAN 8 membuka handphone ketika ujian. Mereka bukan sedang mencontek, namun sedang mengerjakan soal-soal ujian online. Seperti terlihat kemarin, siswa kelas XII IPA 1 SMAN 8 Malang membuka smartphone saat ulangan harian. Ide kreatif ini digagas Hari Kartono M.Pd, guru Fisika di SMAN 8 Malang.
Menurut Hari, syarat mengikuti sistem ulangan harian ini adalah dengan smartphone berbasis android. Ia yakin semua siswanya sudah memegang smartphone yang support android.
”Zaman sekarang android yang murah kan banyak,” ujarnya.
Agar smartphone bisa support soal ujian, cukup dengan mengupdate software terbaru moodle 3.1 version, dan kemudian dikoneksikan dengan situs Lms-sman8mlg.web.id.
Ia mengakui, telah menjalankan model seperti ini sejak  sepekan belakangan ini, dan sudah empat kelas yang ia terapkan.
“Sejak dirilis software baru 3.1 version tanggal 16 Agustus saya langsung mengaplikasikan software ini pada siswa,” ungkap Hari.
Hari menjelaskan keuntungan dari penggunaan model ulangan harian online ini selain memanfaatkan teknologi yang paling dekat dengan siswa. Selain itu juga sebagai efisiensi waktu, karena siswa bisa langsung mengetahui hasil dari ulangan harian tanpa dikoreksi secara manual terlebih dahulu.
“Ada point-point dengan bobot jawaban yang telah dibuat oleh guru untuk dicocokkan secara langsung dengan grade nilai kesamaan, jika jawaban sama persis, bobot nilai adalah 100, dan begitu seterusnya,” jelasnya.
Ia juga mengatakan keuntungan itu dirasakan pula oleh guru karena jika diterapkan maka guru akan dengan mudah bisa mengoreksi dengan cepat hasil ulangan harian. “Efisien juga kan bagi guru, efektif juga bagi guru,” ungkapnya.
Hanya saja guru harus lebih jeli memantau siswanya agar tidak mencontek.
“Ya dari sisi itulah, maka tugas guru harus jeli saat mengawasi ujian, kan sudah dimudahkan dengan teknomogi jadi juga harus jeli,” tuturnya.
Ulangan harian berbasis online ini dianggap unik bagi Kepala SMAN 8 Malang, M. Sulthon M.Pd. Ia berharap nantinya guru dan siswa bisa lebih efisien lagi pada saat pembelajaran. Karena metode ini mempunyai banyak manfaat bukan saja pada pelaksanaan ulangan harian.
Pengawas SMAN 8 Malang Drs.Mochammad Nur Salim M.pd pun sangat tertarik menyaksikan berlangsungnya ujian online ini. Ia berharap, metode seperti ini nantinya bisa diaplikasikan oleh seluruh tenaga pengajar di sekolah yang lain. (mgb/oci)