Keterbukaan Antarkan Sekolah Sukses


WORKSHOP: Sebanyak 60 peserta dari kabupaten kota di Jatim mengikuti workshop yang digelar USAID Prioritas. (Foto Shinta/Malang Post)

MALANG – USAID Prioritas Jawa Timur menggelar workshop sekaligus bimtek untuk para pendidik di wilayah Provinsi Jawa Timur. Bertajuk keterampilan menyimak mengantarkan sekolah menjadi sukses, diikuti oleh 60 peserta dari 6 kabupaten dan kota Jawa Timur.
Koordinator USAID PRIORITAS Jawa Timur Silvana Erlinan mengajari keterampilan menyimak dengan permainan peran dalam berkomunikasi. Proses simulasinya, dua orang peserta memerankan kepala sekolah dan seorang peserta memerankan anak didik untuk saling berkomunikasi dengan berbagai posisi. Posisi pertama yang diperagakan yakni berkomunikasi dengan saling membelakangi, duduk berjajar dan posisi terakhir saling berhadapan.
”Program yang dicanangkan sekolah sebaik dan sesempurna apapun akan banyak menemui kendala manakala adanya ketidaklancaran ataupun kebuntuan komunikasi. Cara penyampaian dan juga cara berkomunikasi yang kurang tepat dapat mengakibatkan pencapaian hasil yang diinginkan tidak dapat berjalan maksimal,” terang Silvana.
Menurutnya, kelancaran komunikasi yang melahirkan rasa saling dukung, saling pengertian dan juga keterbukaan akan mampu mewujudkan sekolah menuju kesuksesan. Karena program yang dicanangkan atau disusun didukung sepenuhnya oleh pihak pihak yang terkait. (mgb/oci)