Lima Perusahaan Rekrut Mahasiswa Akfar PIM


MALANG - Sudah menjadi tradisi, lulusan Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (Akfar PIM) banyak yang dipesan industri sebelum wisuda. Mereka diterima kerja karena melamar secara mandiri ke perusahaan dan juga mengikuti rekrutmen yang digelar di kampus. Seperti selama sepekan kemarin, PIM menggelar Recruitment Week 2016 yang diikuti lima perusahaan dan industri.
”Mahasiswa Akfar yang mengikuti rekrutmen kali ini adalah mereka yang akan diwisuda. Memang lulusan kami biasanya sudah banyak yang bekerja meskipun belum wisuda,” ujar Direktur Akfar PIM Ernanin Dyah Wijayanti S.Si M.P kepada Malang Post.
Selama seminggu kemarin, (29/8-3/9/16), Akfar PIM menggelar rekrutmen yang diikuti sejumlah instansi dan perusahaan. Yakni RSI Unisma, ERHA Clinic, Vita Pharm, dan First Medipharma. Menurutnya, keseluruhan instansi tersebut sangat cocok dengan karakteristik lulusan Akfar. Lowongan kerja yang ditawarkan adalah bidang riset dan pengembangan (RnD), Quality Assurance (QA), dan Quality Control (QC).
Menurut Nanin, panggilan akrabnya, bekerja sebelum wisuda menjadi dambaan mahasiswa. Di Akfar PIM, biasanya mahasiswa sudah bekerja ketika masuk semester 5 dan 6. Kampus pun memberikan toleransi kepada mahasiswa tersebut dengan menyesuaikan jam ujian maupun tugas karya tulis ilmiahnya.
”Bekerja sebelum wisuda itu kebanggaan bagi mereka, yang menandakan bahwa ilmu yang didapatkan langsung bisa diterapkan di dunia kerja,” urainya.
Keterserapan mahasiswa di dunia kerja ini menurutnya sesuai dengan visi program D3, yakni mencetak lulusan siap kerja. Apalagi, lanjutnya, mencari kerja di bidang farmasi masih sangat terbuka kesempatannya. Sebab, kebutuhan akan lulusan farmasi masih cukup tinggi. Apalagi di apotek yang membutuhkan banyak tenaga teknis kefarmasian.
”Kebutuhan di apotek saja banyak yang belum tercover, karena kebanyakan lulusan lebih memilih kerja di rumah sakit dan industri,” beber alumnus UB ini.
Lebih jauh Nanin menuturkan, Akfar PIM tak hanya menyiapkan lulusan kompeten dan bersaing di tingkat nasional. Kerja sama internasional mulai dirintis untuk menyiapkan tenaga yang go global. Baru-baru ini, kerja sama dilakukan Akfar PIM dengan Taipei Medical University Taiwan. Kerja sama yang akan dilakukan berupa shortcourse dan juga praktek kerja lapangan untuk mahasiswa. (oci/sir)