MA Al-Islam Bantur Juara LKP Jatim


MEMBANGGAKAN : Seluruh siswa MA Al-Islam Wonokerto, Bantur berbangga diri karena menjuarai Lomba Keagamaan Pramuka (LKP). (MA AL-ISLAM BANTUR FOR MALANG POST)

MALANG – Meski berada di pinggiran serta jauh dari perkotaan, tidak menghalangi MA Al-Islam, Wonokerto, Bantur, untuk meraih berbagai macam prestasi. Buktinya, sekolahan tersebut baru saja meraih juara umum Lomba Keagamaan Pramuka (LKP) tingkat Jatim.
Lomba itu diadakan di Universitas Islam Malang (Unisma), Minggu (28/8) lalu. Sekolah tersebut, menjuarai 4 dari 11 nomor yang dilombakan. Yakni Juara I Putra Tali Temali, Juara I Putri Tali Temali, Juara I Putri Sandi Morse dan Juara I Putri Kolone Tongkat.
Selain itu, juga menyabet Juara II Putri Kaligrafi dan Juara III Putri Teknologi Tepat Guna (TTG). Atas prestasi tersebut, MA Al-Islam, Wonokerto, Bantur berhak mendapatkan tropi bergilir dari Gubernur Jatim, Soekarwo.
Pembina Pramuka MA Al-Islam Wonokerto, Bantur, Mahmudi SPd mengatakan, kepramukaan selama ini menjadi andalan sekolahan tersebut. Sehingga, tiap kali ada even maupun perlombaan kepramukaan, mereka selalu mengikutinya.
“Alhamdulillah tahun ini dapat menjadi juara umum LKP.  Ini berkat kerja keras dari adik-adik kami yang mengikuti lomba tersebut,” ujarnya kepada Malang Post, kemarin. Mereka berhasil menjadi juara umum, setelah menyisihkan 25 sekolah terbaik di seluruh Jatim.
“Adik-adik kami berjuang maksimal dan menampilkan yang terbaik dalam perlombaan tersebut,” pujinya. Menurut DIA, selama ini sekolahan tersebut memang berkonsentrasi terhadap ekstrakurikuler pramuka.
Melalui Pramuka, ungkap dia, juga menjadikan seluruh anggotanya mandiri dan memiliki karakter. Selain itu, melalui pramuka pula, menjadikan wadah bagi siswa sekilahan tersebut untuk mengembangkan minat, bakat, serta krativitas mereka.
“Belakangan ini, marak kenakalan remaja dan pengaruh negatif lainnya. Maka dari itu, harus diantisipasi sejak dini melalui kegiatan positif, salah satunya Pramuka,” terangnya. Tidak hanya itu, kata dia, Pramuka juga merupakan ektrakurikuler yang wajib.
Seluruh siswa di MA Al-Islam, Wonokerto, Bantur memang diajibkan mengikuti kegiatan Pramuka. Setiap Jumat dan Sabtu sore, seluruh siswa sekolahan tersebut disibukkan dengan kegiatan ektrakurikuler Pramuka.
“Terlepas dari ektrakurikuler wajib, siswa kami sangat antusias mengikuti Pramuka. Buktinya, mereka selalu bersemangat untuk mengikuti kegiatan kepramukaan. Selain itu, banyak pretasi yang diraih dalam kepramukaan,” pungkasnya. (big/mar/sir)