Maba UNISMA Meningkat 40 Persen


MALANG – Universitas Islam Malang (UNISMA) menggelar kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus mahasiswa baru  (OSHIKA Maba), kemarin (05/09/16). Kegiatan ini dikemas dengan dibubuhi konsep militer untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada mahasiswa baru untuk tahun ajaran ini. Tahun ini, UNISMA mengalami peningkatan jumlah penerimaan Maba hingga 40 persen dibandingkan tahun lalu. tahun lalu jumlah Maba yang diterima berjumlah 3.241 mahasiswa, dan tahun ini berjumlah 3.721 orang.
Kegiatan pengenalan kampus ini dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai kepada calon mahasiswa yang dilakukan oleh Kolonel Infanteri Wachid Apriliyanto, Danrem 083 Baladhikajaya. Hadir pula Menteri Sosial Dra. Khofifah Indar Parawansa. Pembukaan kegiatan ini, dipimpin oleh Kolonel Infanteri Wachid Apriliyanto Danrem 083 Baladhika Jaya.
Berkumpul di lapangan dengan jas almamater hijau, seluruh mahasiswa baru berkumpul di lapangan dan berbaris mendengarkan sambutan yang disampaikan oleh Wachid. “Sebagai pemuda penerus bangsa haruslah aktif memerangi segala macam bentuk kekerasan di negeri ini, baik kekerasan secara radikalisme ataupun kekerasan yang mengganggu produktivitas dalam berkarya, atau narkoba,” ujar Wachid ketika menyambut mahasiswa baru UNISMA.
Wachid mengatakan kepada mahasiswa baru untuk  bersikap tegas dalam memerangi kedua hal itu, karena keduanya akan menjadi musuh terbesar bagi pemuda, khususnya di lingkungan kampus yang bisa dikatakan sudah semakin dewasa.
Menurut Wachid radikalisme serta narkoba adalah dua hal yang bisa merusak motivasi untuk belajar, merusak semangat dan merusak cita-cita. “Jika kalian berhasil memerangi kedua hal itu, waktu untuk belajar tidak akan sia-sia,” tukasnya.
Dalam kesempatan itu pula ia sampaikan, selain pemuda, tidak ada peran terbesar yang bisa memerangi kedua kekerasan tersebut. Untuk itu ia berpesan agar seluruh pemuda yang menyandang sebagai mahasiswa baru UNISMA bisa memerangi kedua hal tersebut, dengan benteng diri sendiri. “Tanpa kedua hal itu saya sangat yakin masa depan kalian semua akan cerah,” kata Wachid.
Tidak ketinggalan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa juga memberikan nasihat kepada mahasiswa baru UNISMA, sebagai generasi penerus untuk bisa peka terhadap lingkungan sosialnya. “Kepekaan sosial harus ditimbulkan mengingat semakin banyaknya masalah sosial di negeri ini, tugas kalian sebagai penerus adalah untuk memberikan stimulan dan peran untuk masalah sosial di negeri ini,” urai Khofifah.