Pendaftar Jalur Mandiri Ikuti Tes Alquran


SELEKSI: Tes jalur mandiri UIN Maliki tak hanya berisi ujian akademik saja, tetapi juga ada tes baca tulis Alquran. (Foto Dicky Bisinglasi/Dok Malang Post)

UIN Maulana Maliki Malang menggelar pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur terakhir, yaitu mandiri tulis dan prestasi (26-27/7).
Tahun ini jumlah peserta yang mengikuti seleksi Mandiri UIN Maliki Malang sebanyak 4044 peserta dengan rincian 3832 peserta mandiri tulis dan 212 peserta mandiri prestasi.
Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan, Heru Achadi Ahmad menuturkan, pelaksanaan ujian mandiri ini sudah sesuai dengan ketentuan Kementrian Agama yang meliputi tes kemampuan akademik, bidang studi dasar, wawasan keislaman dan tes baca tulis Alquran.
“Kemenag telah memberikan ketentuan dasar dan khusus untuk seleksi mandiri ini kita menambahkan tes baca tulis Alquran,” ujar Heru dirilis Humas UIN Maliki.
Sementara itu, berdasarkan data panitia penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri tulis dan prestasi tahun ini mengalami kenaikan, peminat tertinggi calon maba lebih banyak memilih IPS disusul IPA dan IPC. Adapun peserta IPS mencapai 2272, IPA 812 peserta dan IPC 748 peserta. Sementara itu, untuk jalur seleksi mandiri prestasi pesertanya juga mengalami peningkatan, jalur mandiri prestasi olahraga ada 40 peserta, kesenian 55 peserta dan tahfidzul Quran 117 peserta. Tahun ini jurusan manajemen menjadi pilihan favorit terbanyak dipilih.
“Khusus pelaksanaan ujian mandiri prestasi selain ujian tulis mereka juga akan diuji kelayakan kompetensinya dibidangnya masing-masing,” paparnya.
Pelaksanaan ujian seleksi mandiri tahun ini dari 4044 peserta dibutuhkan 104 ruangan ujian mandiri tulis dan 11 ruangan ujian mandiri prestasi. Sedangkan untuk total jumlah pengawas dan penguji ada 430 orang. (net/oci)