Peringkat UB Terus Naik


Malang Post, Di hadapan 1068 wisudawan, Rektor UB Prof Dr. Ir. M Bisri, MS menyebutkan  sejumlah prestasi yang telah diraih oleh almamater UB pada  2016.  Yakni UB menduduki peringkat kedua sebagai PTN terfavorit dari 100 PTN setelah Universitas Padjajaran, dengan pendaftar calon mahasiswa sekitar 200 ribu. Dari jumlah itu sebanyak 12.600 orang lolos ujian masuk.
Pada tanggal 17 Agustus 2016, bertepatan dengan HUT Republik Indonesia, Kemenristekdikti memaparkan peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia. Peringkat pertama ITB, kedua UGM, ketiga UI, keempat IPB, dan kelima diraih oleh UB.
Pada tahun ini UB naik 1 peringkat yang semula menduduki peringkat 6 dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. Selain itu, hampir 50% dari program studi baik S1, S2 dan S3 telah mendapatkan akreditasi A, serta 8 PS telah mendapatkan akreditasi internasional.
Dikatakan rektor, prestasi lain yang juga membanggakan adalah UB meraih juara umum kelima kalinya pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 29 yang diselenggarakan di IPB Bogor pada tanggal 7-11 Agustus 2016, dengan 10 emas, 7 perak dan 6 perunggu.
“Semua prestasi ini merupakan jawaban terhadap harapan yang saya sampaikan di awal pidato ini, dalam rangka menyiapkan SDM yang memiliki kemampuan berpikir kritis, mempunyai daya saing yang tinggi dalam menumbuhkan karya-karya inovatif yang berkemajuan,” kata Prof Bisri.
Peningkatan daya saing ini sebagai komitmen UB untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya dalam mencerdaskan anak bangsa. Hal ini juga ditunjukkan dengan telah diberlakukannya sertifikasi kompetensi bagi lulusan UB melalui pemberian Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement selain mendapatkan ijasah dan transkrip. SKPI merupakan surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisi informasi tentang pencapaian kualifikasi kompetensi dari lulusan. SKPI ini merupakan dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan sikap/moral seorang lulusan yang lebih mudah dimengerti oleh pihak pengguna di dalam maupun luar negeri dibandingkan dengan membaca transkrip. Dan UB, telah memberlakukan SKPI ini di 120 Program Studi. Dengan diterbitkannya SKPI bagi lulusan, maka UB telah menunjukkan komitmennya dalam peningkatan daya saing lulusan.
Nama-nama wisudawan terbaik UB Periode XII sebagai berikut:
 
Fakultas    Nama Wisudawan       
Fakultas Teknologi Pertanian    Sabrina Juniata, S.TP       
Fakultas Hukum    Muhamad Samsul Mangali, S.H.       
Fakultas Ekonomi dan Bisnis    Anugerah Devina Pangesti, S.E.       
Fakultas Ilmu Administrasi    Dwi Aprianing Yuniarti, S.Pn       
Fakultas Pertanian    Reni Nopiyasari, S.P.       
Fakultas Peternakan    Nisa’Us Sholikah, S.Pt       
Fakultas Teknik    Mochamad Hadi Sasmita, S.T.       
Fakultas Kedokteran    Ni Komang Miming Widiyasih, S.Kep       
Fakultas Perikanan dan Kelautan    Desy Susanty, S.Pi       
Fakultas MIPA    Eka Fitria Damayanti, S.Si       
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik    Luh Putu Yulia Megayani, S.I.Kom       
Fakultas Ilmu Budaya    Farida Nova Kurniawati, S.Pd       
Fakultas Kedokteran Hewan    Ika Dahlia, S.KH.       
Fakultas Ilmu Komputer    Mochamad Umar Al Hafidz, S.Kom       
Fakultas Kedokteran Gigi    Drg. Abdur Razaq Komaruzzaman       
Program Magister    Mirza Zaka Pratama, M.Biomed       
Program Doktor    Dr. Junaidi       
Program Pendidikan Vokasi    Lutfi Ayuwijaya Putri, A.Md.