Program HPS Akrabkan Orang Tua dan Sekolah


MALANG - Surat edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah (HPS), disetujui oleh beberapa wali murid. Sukesti Udya Prabawa, ayah dari Agatha Keren Listina, siswi baru SMAN 8 Kota Malang menganggap mengantar anak di HPS, Senin (18/7) mendatang, sudah menjadi kewajiban orangtua.
Meski baru mengetahui tentang kebijakan tersebut, menurutnya, anak yang bersekolah di jenjang SMA atau SMK masih berada di bawah umur, sehingga belum pantas untuk mengendarai kendaraan pribadi.
“Terutama untuk dibawah 17 tahun,” jelasnya.
Namun, lebih dari itu, ia pun merasa perlu mengenal lingkungan sekolah tempat putrinya menuntut ilmu. Selain masalah belum layaknya mengendarai kendaraan pribadi ke sekolah, Sukesti menanggapi positif surat edaran dari Mendikbud tersebut.
Kepala SMAN 8 Kota Malang, Dr. H.M Sulthon, M.Pd mengatakan sudah menyosialisasikan hal tersebut kepada wali murid baru, dalam pertemuan di sekolah kemarin.
Ia mengatakan, sebelum mempercayakan putra-putri mereka di sekolah, orang tua wajib mengenal lingkungan sekolah terlebih dahulu, sama hal nya dengan putra-putri mereka.
“Bisa dibilang ini MOS (Masa Orientasi Siswa) untuk orang tua,” jelasnya.
Tidak hanya mengantarkan, Sulthon juga mengimbau kepada orang tua untuk masuk dan melihat-lihat sekolah. Bahkan, orang tua juga perlu mengenal detil seluk-beluk sekolah seperti laboratorium multimedia dan juga UKS di masing-masing sekolah.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji mengimbau orang tua untuk bisa memanfaatkan kebijakan ini dengan sebaik-baiknya.
“Bagi orang tua yang telah diberikan dispensasi, saya harap bisa menjalankan kebijakan ini dengan benar, memaknai dengan benar sehingga tujuan dari dibentuknya kebijakan ini bisa terwujud,” ujar Sutiaji.
Ia pun berharap dengan sangat untuk orang tua yang turut menghantarkan anaknya nantinya juga peka terhadap lingkungan yang menjadi rumah kedua bagi anaknya. “ Karena kebijakan ini juga sebagai wujud dari penyadaran pendidikan kepada orang tua,” ungkapnya. (mgb/nia/oci)