Relawan Amerika Mengajar di SMA Muhammadiyah 3


BATU - Setiap sekolah pasti setuju bahwa Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam persaingan global. SMA Muhammadiyah 3 Kota Batu siap mengembangkan Bahasa Inggris melalui English Day. Sekolah ini sangat termotivasi setelah relawan mengajar Bahasa Inggris melalui English Camp.  
Melalui program ini, siswa diharapkan menggunakan Bahasa Inggris secara lancar. Rencananya, English Day akan diterapkan setiap pembukaan dan penutupan pembelajaran setiap hari.
"English Day akan diterapkan di semua kelas, mulai X, XI, dan XII,” ungkap Zainal Abidin, S.S, Humas SMA Muhammdiyah 3 Batu.
Setiap guru pelajaran maupun guru piket harus ikut membina dalam pelatihan dan pembekalan siswa. Tujuanya, siswa terbiasa dan tidak canggung lagi dalam berbahasa Inggris karena sudah menjadi rutinitas di sekolah.
Fokus utama diadakannya program English Day ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara aktif. Beberapa kegiatanpun dirancang agar dapat memfasilitasi siswa untuk  berani  mengolah kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris.
“Pertengahan semester ini, kami mulai melaksanakan English Day.  Alasan kami menjalankan program ini, diantaranya banyak siswa  memiliki prestasi akademik Bahasa Inggris. Batu sebagai kota wisata mengharuskan warganya bisa Berbahasa Inggris untuk komunikasi sehingga kami juga harus melakukan kegiatan untuk memperlancar Bahasa Inggris anak-anak. Indonesia juga harus ikut dalam persaingan pasar bebas sehingga dengan Bahasa Inggris dapat membantu komunikasi antar bangsa,’’ sambungnya.
SMA Muhammadiyah 3 Batu juga termotivasi dari sukarelawan Amerika yang datang beberapa waktu. Meraka  membawa program English Camp ke sekolah-sekolah di Indonesia, termasuk SMA Muhammadiyah 3 Kota Batu. Anak-anak juga sangat senang menggunakan Bahasa Inggris melalui English Camp.
"Para sukarelawan dari amerika tersebut mengajarkan Bahasa Inggris dengan permainan menarik. Hal ini membuat siswa tidak cepat jenuh baik, dalam kelas maupun luar," ujar Zainal.
Sebelum para sukarelawan Amerika menerapkan programnya, jauh-jauh hari mereka melakukan observasi dan merancang program yang cocok diterapkan kepada siswa SMA Muhammadiyah 3 Batu. Melihat begitu matang dalam mempersiapkan program English Camp, pihak sekolah termotivasi untuk menerapkan English Day sebagai program pembelajaran di sekolah.
Ada pula program yang akan akan dijalankan bersamaan program English Day adalah program hafizd qur'an. Selain memfasilitasi siswa dalam mengembangkan potensi akademiknya, tidak lupa dalam meningkatkan kualitas keagamaannya dengan program hafalan Al-Qur'an. "Sementara ini ada 15 siswa yang ikut dalam program hafizd qur'an dan mereka akan terus dibina. Diharapkan, setiap siswa kami minimal bisa menghafal juz amma setelah lulus dari sekolah," ungkap Zainal. (dam/feb)