SD Plus Al-Kautsar Bagikan 232 Sembako


PEDULI: Kepala SD Plus Al-Kautsar, Dhiah Saptorini, SE, M.Pd memberikan paket sembako kepada warga Pandanwangi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H. (Credit Photo: Imam Malang Post)

MALANG – SD Plus Al-kautsar membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan, Kamis (30/6/16). Pembagian paket zakat dan paket sembako berupa kebutuhan pokok rumah tangga ini rutin diadakan setiap bulan ramadan. Selain bertujuan untuk sodakoh, juga sebagai wujud terima kasih kepada warga sekitar yang telah menjaga lingkungan serta menerima keberadaan SD Plus Al-Kautsar dengan baik.
“Sebagian besar dana yang terkumpul untuk paket zakat dan paket sembako ini berasal dari amal Jumat siswa, yang mana para siswa menyisihkan sebagian uang saku mereka untuk kegiatan amal seperti sedekah maupun bakti sosial,” Kata Fakhrudin Rif’an, Ketua Pelaksana pembagian sembako.
Amal Jumat ini diikuti oleh seluruh siswa SD Plus Al-Kautsar dengan maksud memberikan pemahaman terhadap siswa mengenai pentingnya bersedekah. Dari kegiatan rutin ini pun siswa dapat teredukasi menjadi orang yang ringan tangan apabila menemui orang yang membutuhkan bantuan.
“Bulan baik ini kita gunakan untuk bersedekah kepada masyarakat di sekeliling sekolah yang tidak mampu. Kami bekerjasama dengan pihak ketua RT dan takmir masjid untuk mendata warganya yang berhak menerima paket zakat dan paket sembako,”  sambung Fakhrudin Rif’an.
Tak hanya membagikan paket zakat dan paket sembako, SD Plus Al-Kautsar juga melibatkan langsung para siswa dalam kegiatan bakti sosial. Kegiatan ini berupa santunan terhadap anak yatim piatu, membantu sekolah-sekolah yang kurang beruntung, membersihkan bantaran sungai, serta kegiatan sosial lainnya.
Setiap tahunnya, sekolah menargetkan 300 paket setiap kegiatan, namun jumlah paket adakalanya mengalami penurunan. Tahun ini jumlah paket yang dibagikan sekitar 232 paket yang mana 170 paket dibagikan kepada warga sekitar SD Plus Al-Kautsar, sedangkan sisanya untuk pihak luar.
“Setiap tahunnya jumlah yang kita bagikan tidak pasti, kadang bisa mencapai 300 paket tergantung sodakohnya siswa, orangtua maupun guru. Harapan kedepannya semoga bisa  memberi lebih banyak. Kami juga berharap siswa semakin rajin menyisihkan uang sakunya untuk bersedekah ikut membagikan paket secara langsung tahun depan,” ujar Dhiah Saptorini, Kepala SD Plus Al-Kautsar. (mp5/sir/oci)