Semakin Kuat dan Hebat


MALANG - Gebyar HUT ke-38 MIN Malang 1 berlangsung meriah namun khidmat. Di acara tasyakuran dalam rangka memperingati kelahiran madrasah di jalan Bandung ini, hadir tokoh-tokoh penting. Antara lain Wakil Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji, Kepala Kankemenag Kota Malang, Drs. Imron, M. Ag dan Rektor Universitas Islam Malang Prof. Dr. H. Maskuri, M. Si selaku Ketua Komite. Hadir juga para mantan kepala MIN Malang 1 untuk ikut serta mendoakan kemajuan madrasah di masa yang akan datang.
Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji mengatakan MIN Malang 1 telah menjelma sabagai lembaga pendidikan tingkat dasar yang unggul di Kota Malang. Padahal saat tahun-tahun awal berdirinya, MIN Malang 1 berjalan dengan susah payah karena kepercayaan masyarakat yang masih rendah.
Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pendiri serta tokoh-tokoh hebat kala itu, MIN Malang 1 menjadi semakin kuat dan hebat. Apalagi para penerus kepemimpinan serta guru-guru yang profesional menjadikan madrasah ini semakin diminati dan menjadi favorit masyarakat. “Ini berkat kerja keras dan keikhlasan para guru yang didukung oleh orangtua siswa,” katanya.   
Sutiaji mengatakan pendidikan karakter sudah terbentuk di MIN Malang 1 sejak dulu, sebelum kurikulum karakter dicanangkan oleh pemerintah. Dan hasilnya pun sangat terasa oleh orangtua.  Produk lulusan yang hebat dan berkarakter dibuktikan dengan individu-individu yang  patuh dan taat pada ajaran agama.
Ia berharap program madrasah selalu selaras dengan program pemerintah dalam memajukan pendidikan dan mencerdaskan masyarakat. Lebih dari itu, MIN Malang 1 juga diharapkan bisa memberikan imbas kepada sekolah-sekolah lain sehingga banyak lembaga pendidikan yang maju di Kota Malang. “Dirgahayu MIN Malang 1, semoga kedepan semakin maju dan semakin meningkatkan kebaktiaan kepada Allah melalui amal pendidikan,” ucapnya.
Prof. Dr. H. Maskuri, M. Si selaku ketua Komite berharap kehebatan MIN Malang 1 dapat berimbas kepada sekolah lain. Sehingga madrasah ini menjadi lokomotif sekolah-sekolah di kota Malang. “Kuncinya harus tetap bersemangat, ikhtiyar dan tawakal, semoga Allah meridoi langkah kita untuk mewujudkan cita-cita. Karena sesungguhnya belum dikatakan hebat kalau belum menghebatkan madrasah lain”, katanya saat sambutan.
Dalam menjalankan tugas pendidikan, lanjut Maskuri MIN Malang 1 memadukan tiga nilai yaitu keislaman, kecendikiaan dan keindonesiaan. Dengan perpaduan tiga unsur tersebut diharapkan lulusan madrasah menjadi pribadi yang utuh dan berkarakter. “Ini adalah perpaduan yang komplit. Disamping secara akademis bagus, anak-anak juga berperilaku mulia serta memiliki nasionalisme,” terangnya.
Ia juga menambahkan pihaknya akan terus berupaya melakukan perubahan untuk madrasah yang lebih baik. Dan orangtua akan terus mendukung program-program madrasah demi kualitas pendidikan.
Kepala MIN Malang 1, Drs. Suyanto, M.Pd mengatakan di usia madrasah yang telah mencapai 38 tahun, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di segala sektor. Sehingga prestasi demi prestasi terus dicapai. “Terimakasih kami sampaikan pada seluruh pihak, terutama orangtua yang tak henti-hentinya memberikan dukungan,” katanya.
Menurutnya, untuk menjadi madrasah yang hebat, harus dimulai dari warga madrasah yang berupaya menghebatkan diri. Baik guru, karyawan termasuk siswa. Jika guru dan siswanya telah bisa menghebatkan diri, Yanto yakin MIN Malang 1 menjadi madrasah yang hebat. “Tentu hebat yang kita maksud adalah hebat dalam beribadah, hebat dalam tingkah laku serta hebat dalam berprestasi,” tukasnya. (imm/sir/bua)