SMAN 9 Jadi Sekolah Rujukan Kewirausahaan

Kepala SMAN 9 Malang, Abdul Tedy Rahman, MPd

MALANG – SMAN 9 Malang menjadi satu-satunya sekolah di Kota Malang yang ditunjuk oleh Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional untuk menjadi sekolah rujukan kewirausahaan pada tahun 2016.
Abdul Tedy Rahman, MPd., kepala sekolah mengatakan jika predikat yang ditujukan ke SMAN 9 Malang ini adalah sebuah tanggung jawab dari akan adanya implementasi real yang dilaksanakan nantinya.
“Bentuk pengimplementasian adalah adanya beberapa poin yang kita implementasikan nantinya kerajinan, budidaya dan rekayasa. Yang masing-masing poin dilekatkan pada Rencana pelaksanaan Pembelajaran,” jelas Tedy.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk pelekatan pada RPP misalkan untuk poin kerajinan akan disatukan dngan mata pelajaran Seni Rupa, untuk materi budidaya disatukan dengan RPP biologi dan untuk rekayasa dengan pelajaran fisika atau kimia.
Tidak hanya itu, pengimplementasian lain adalah dengan mendatangkan motivator bisnis, atau ahli bisnis yang sudah dikenal dan berpengalaman, untuk merubah mindset siswa.
“Kita akan lakukan semuanya dengan totalitas, jadi untuk produk yang nanti akan dibuatpun juga yang pasti harus yang memilki nilai guna dan manfaat yang besar tidak hanya unik,” jelas Tedy.
Harapan dan tujuan yang ingin dicapai dari adanya predikat yang melekat ini adalah untuk membentuk bagaimana siswa nantinya setelah lulus dari SMA bisa memiliki karakter dan skill kewirausahaan.
“ Selain itu juga biar siswa tidak kaget nanti ketika sudah kuliah dan terjun ke masyarakat yang memiliki banyak dinamika serta peluang yang bisa untuk dimanfaatkan, karena salah satu tujuan yang kami harapkan adalah agar siswa bisa membaca dan memanfatkan peluang,” tutupnya. (mgb/oci)