SMK 4 Tahun, Cetak Lulusan Berstandar Politeknik


MALANG - SMKN 8 Malang akan membuka kelas program empat tahun untuk jurusan Mekatronika. Jurusan mekatronika dipilih karena dianggap mempunyai peluang besar di dunia usaha. Program SMK empat tahun ini nantinya akan memperbanyak praktikum mekanik dan elektro untuk membedakan dengan kelas reguler.
“Untuk program empat tahun, ada satu kelas saja dari empat kelas yang dibuka,” ungkap Drs. Hari Mulyono, MT, Kepala SMKN 8 Malang.
Ia mengatakan, untuk persiapan menghadapi dunia kerja, siswa yang masuk dalam golongan program empat tahun haruslah mempunyai skill yang mumpuni dan memadai.
”Untuk masuk ke kelas ini memang harus siswa pilihan dan berminat, itu syarat penting,” ungkapnya.
Ia mengatakan, jangan sampai nanti program kelas empat tahun mempunyai output dan standart yang sama dengan program reguler tiga tahun.
“Maksudnya output bukan kualitas, kita tidak membedakan kualitas, hanya pendalaman dan skill, karena program empat tahun mempunyai tujuan untuk skill yang lebih dalam,” ujar Hari.
Ia mengatakan, jika program empat tahun untuk jurusan Mekatronika ini diyakininya sudah siap untuk mencetak output-output berkualitas dengan standart Politeknik.
“Karena jurusan ini adalah jurusan yang tidak dipunyai oleh semua SMK, jadi kami yakin siswa kami nantinya bisa menguasai skill ini, terutama di Kota Malang, SMK hanya kita saja yang punya jurusan ini, jadi persiapan harus benar-benar matang,” kata Hari.
Hari ingin, kelak jika siswanya lulus dari program ini, tidak sia-sia dalam arti siswa yang telah menempuh program SMK empat tahun harus punya nilai lebih untuk ke jenjang berikutnya. Ia menegaskan untuk siswa dengan program empat tahun ini harus dibedakan dengan program reguler pada umumnya.
“Yang pasti saya tegaskan sekali lagi untuk siswa dengan program empat tahun ini minimal untuk ke jenjang berikutnya mendapatkan potongan SKS,” tegasnya.
Selain potongan SKS, ia juga ingin untuk dunia kerja mempunyai kualifikasi khusus bagi program ini. Sehingga siswa yang telah menempuh program ini tidak membuang waktu dengan sia-sia. (mgb/oci)