SMP Negeri 1 Pagak " Meningkatkan Mutu Belajar Melalui Kreatifitas Siswa"


Malang - Di era yang sudah maju seperti ini faktor ekonomi pendidikan dan budaya sangat mempengaruhi taraf hidup seseorang. Yang paling pentung adalah bidang pendidikan kreatifitas sekolahan sangat menentukan mutu sesekolah tersebut. salah satunya adalah SMP Negeri 1 Pagak kabupaten malang untuk mendukung kretifitas sekolah tersebut dengan  mengembangkan bakat, dibimbing , pemberian arahan , serta pemberian motivasi lebih dalam terhadap siswa SMP Negeri 1 Pagak.
Pada dasarnya pembelajaran akademik dan non akademik harus seimbang di SMP Negeri 1 Pagak sangat mengupayakan prestasi dari siswa. " Untuk mendukung prestasi siswa SMPN 1 Pagak banyak menyediakan program yang telah dilakukan semisal di bidang akademik yaitu penambahan  model pembelejaran seperti OSN (Olimpiade Sains Nasional). OSN ini merupakan ekstra yang mefasilitasi siswa yang berprestasi dibidang akademik melalui bimbingan di masing-masing bidang terkait sesuai dengan mata pelajaran yang diminati siswa" ujar Supremi, Spd selaku Kesiswaaan dan pembina osis SMPN 1 Pagak malang.
dibidang non akedemik juga tidak luput dari perhatian dari SMPN 1 Pagak yang diterapkan melalui ekstra kurikuler dibidang olahraga yaitu sepak bola dan dibidang budaya ada seni tari dan musik. " kita selalu membimbing dan mengaarahkan siswa agar mereka mengetahui bakat dan minat masing-masing melalui kegiatan non akademikk dari sekolahan, memang kami juga mengedapankan pembelajaran di bidang non akademik seperti ekstra kurikuler sepak bola, ini diwujudkan sekolah kita dengan mengikuti porseni (pekan olahraga dan seni) meski hanya sampai diperempat final namun ini suatu pembelajaran yang nyata bagi siswa agar lebih mengembangkan bakat mereka" ujar Supremi.
Sekolah SMPN 1 Pagak selalu berupaya agar sekolah selalu berkembang dan siswanya berprestasi. " Kami selalu menanamkan kepada semua keluarga SMPN 1 Pagak terutama siswa dengan moto hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan diharapkan nanti lulusan dari SMPN 1 Pagak kelak memiliki bekal dan wawasan yang cukup luas" Pungkas Supremi.
Banyak prestasi yang sudah ditorehkan oleh SPM Negeri 1 Pagak baik di tingkat kabupaten maupun tingkat nasional, salah satunya adalah mewakili olimpiade IPS (Ilmu pengetahuan Sosial) di tingkat provinsi. " ini merupakan hasil dari kualitas sekolah SPM Negeri Pagak yang bisa bersaing dengan SMP lainnya ditingkat Kabupaten maupun Provinsi, namun tidak hanya itu harapan kami SMP Negeri 1 Pagak bisa meraih juara nasional baik bidang IPA (ilmu pengetahuan Alam) maupun IPS." tegas Supremi.
Banyak model pembelajaran yang diterapkan di SMPN 1 Pagak agar siswa lebih berkembang dan mempunyai kreatifitas yang tinggi ini ditunjukkan dengan sistem pembelajaran siswa bebas menggali ilmu langsung dari guru ketika mengalami kesulitan yang tidak terpatok waktu. " memang siswa kita bebaskan untuk mengutarakan dan bertanya langsung kepada guru tidak di jam pelajaran saja mereka bebas bertanya kapanpun ketika siswa mengalami kesulitan," jelas Supremi. (mg3/sir/)