Tahfidz Quran Jadi Program Unggulan

UNGGULAN: Sambutan Kepala SD Muhammadiyah 3 Assalaam Arjosari saat acara peresmian sekolah. (Adam/Malang Post)

MALANG – Dunia pendidikan di Kota Malang terus tumbuh dan berkembang. Satu lagi, sebuah sekolah dasar berdiri dan diresmikan. SD Muhammadiyah 3 Assalaam Arjosari, secara resmi dilaunching Sabtu (30/7/16). Sekolah yang berada di jalan Pelabuhan Ratu gang Masjid Assalaam ini diresmikan Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Malang.
Bertempat di kawasan yayasan Assalaam Muhammadiyah, pagi itu acara dimulai dengan penampilan siswa kelas I SD Muhammadiyah Assalaam 3 hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an, dilanjutkan dengan pembacaan tartil ayat suci Alquran. Tidak hanya itu, kelompok paduan suara dari siswa TK Assalaam menunjukkan kebolehannya di atas panggung dalam menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah.
Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua panitia acara Sasongko L, AP, ST.,Msi., kepala ranting Muhammadiyah Arjosari, Kepala SD Muhammadiyah 3 Assalaam, perwakilan Camat Blimbing, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang. Dilanjut  sambutan dan tausiyah yang ditunggu-tunggu para undangan dari Pimpinan Daerah Muhammdiyah Kota Malang Dr. H. Abdul Haris, MA.
“Lewat Peresmian SD Muhammadiyah 3 Assalaam ini kami ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa sekolah kami bisa menjadi pilihan pendidikan yang religius yang juga memiliki program unggulan tahfidz Quran,” kata Kepala SD Muhammadiyah 3 Assalaam Syai’in Kodir, S.Pd. kepada Malang Post.
Walaupun pembelajaran SD Muhammadiyah 3 Assalaam baru berjalan di tahun ajaran 2016/2017 kali ini, tapi sudah menerapkan program P2KS yaitu Program Pembentukan Kepribadian Siswa. Ada program dari sekolah yang sudah berjalan, dan dalam kurun waktu 2 minggu saja para siswa sudah bisa melakukan salat. Juga dengan diikuti mulai terbentuknya pribadi anak yang baik.

Dalam waktu singkat juga para siswa sudah menghafal minimal 15 surat pendek juz Amma.
“Ke depannya target lulusan sekolah kami hafal minimal 2 juz, melihat siswa kelas I saja dalam 2 minggu sudah hafal 15 surat,” ungkap Syai’in dalam sambutannya.
Di sela-sela acara juga ada testimoni dari wali siswa yang  anaknya memiliki gangguan konsentrasi yang sebelumnya belum bisa ditangani di sekolah lainnya. Kini, siswa tersebut mulai dapat teratasi setelah pindah di SD Muhammadiyah 3 Assalaam. Selain program akademik dan non akademik, SD Muhammadiyah 3 Assalaam juga memiliki ekstrakurikuler pencak silat tapak suci. Baru dibina seminggu, tapak suci bisa tampil dalam acara peresmian SD Muhammadiyah 3 Assalaam ini.
Visi dari sekolah yaitu “Mewujudkan Lembaga Pendidikan Islam Yang Bermutu Untuk Mewujudkan Generasi Qurani Yang Cerdas, Berkarakter, Dan Berwawasan Global”. Sedang misi yang diemban adalah yang pertama menerapkan pendidikan berbasis keimanan, akhlak mulia dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kedua, menerapkan pendidikan sains dan teknologi. Ketiga, menerapkan budaya komunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris, serta keempat menumbuhkembangkan budaya jujur, disiplin, tertib, mandiri, bertanggung jawab dan berakhlaqul karimah.
Dipuncak acara kali itu diakukan penandatangan prasasti peresmian SD Muhammadiyah 3 Assalaam oleh Dr. Abdul Haris, MA. sekaligus juga meninjau gedung sekolah bersama. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan halal bihalal antara jamaah masjid Assalaam, para tamu undangan dan masyarakat sekitar.
Hadir dalam acara launching tersebut Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang, Dr. H. Abdul Haris, MA., perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Anggota DPRD dari PAN, H. Totok Daryanto, perwakilan Camat Blimbing, Lurah Arjosari, Kepala Ranting Muhammadiyah Arjosari, H. Suardi Anwar, SE., Kepala SD Muhammadiyah se-Kota Malang, wali murid SD Muhammadiyah 3 Assalaam, perangkat RW, RT, jamaah masjid Assalam, serta masyarakat sekitar sekolah. (dam/sir/oci)