Tanamkan Niat Berhaji Sejak Dini


MALANG – Jutaan jamaah haji dari seluruh dunia akan melaksanakan wukuf di Arofah, Makkah hari ini. Untuk ikut merasakan ibadah Rukun Islam kelima itu, siswa kelas X dan XI MAN 3 Malang melakukan manasik haji di sekolahnya.   
Manasik haji ini juga sebagai penyeimbang materi praktik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Manasik ini diharapkan juga bisa memberikan stimulus bagi siswa untuk menumbuhkan niat berhaj sejak dini.
"Kalau sekadar materi saja, saya yakin siswa tidak akan punya niatan untuk berhaji, karena materi saja tidak support untuk memberikan stimulus pada mereka" kata Ketua Pelaksana manasik haji, Andi setyawan S.Ag kepada Malang Post, kemarin.
Dijelaskannya, manasik haji bukan hanya diadakan untuk sekedar praktik namun juga sebagai media agar para siswa paham betul tentang ibadah haji, sehingga kepahaman siswa nantinya bisa menjadi dorongan untuk niat melakukan haji yang sebenarnya.
Siswa yang mengikuti manasik haruslah bersungguh-sungguh dalam praktiknya, karena  akan ada nilai plus untuk siswa yang ketahuan menjiwai serangkaian kegiatan manasik ini.
"kami berikan reward pada siswa yang bersungguh-sungguh dan niat melaksanakan serangkaian kegiatan, agar mereka semangat," ujarnya.
Ia berharap dengan adanya reward seperti ini, siswa yang sudah menjiwai dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan serangkaian kegiatan bisa menumbuhkan niat berhaji dalam dirinya. Kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan  penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha di halaman sekolah. (mgb/aim)