Trending Topic, Flashmob UMM Sempurna


MALANG - Tak hanya flashmob yang mengguncang suasana Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (PesMaba) Universitas Muhammadiyah Malang, kemarin. Para mahasiswa dibuat terkesima oleh lanturan suara dari Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Drs. Fauzan, M.Pd. Lagu yang dinyanyikan milik penyanyi Anji yang sudah populer.
“Oh Tuhan Ku Cinta Dia.. Ku sayang Dia.. Ku Rindu Dia.. Tunjukanlah rasa cinta di hati ku.. Hanya padanya.. Untuk UMM,” suara Fauzan.
Aksi Fauzan tersebut direspons cepat oleh seluruh Maba yang hadir, dengan menyalakan flash light handphone mengiringi lantunan lagu yang dinyanyikan Fauzan. Para Maba juga menyanyikan lagu dengan judul Dia mengiringi Fauzan. Nada-nada tinggi yang tak mampu digapai oleh suara Fauzan, terselamatkan oleh gemuruh suara Maba. Seketika rasa bangga seolah menyelinap pada setiap Maba.
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, yang hadir saat itu juga turut memberi cahaya flashlight dari handphone miliknya bersamaan dengan para mahasiswa. Hanya saja, saat melakukan aksi tersebut, Fauzan telah turun dari podium namun lantunan lagu Dia, kembali dinyanyikan untuk menyambut kedatangan Khofifah.
PesMaba UMM benar-benar menjadi viral. Terbukti, semenjak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, kemarin, tagar #WeLoveUMM sukses menjadi trending topic Indonesia. Sebelumnya, di lapangan helipad UMM, sebanyak 6.812 mahasiswa baru UMM memulai pembukaan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (PesMaba), dengan upacara.
188 diantara ribuan mahasiswa baru tersebut, adalah mahasiswa asing yang berasal dari 18 negara, yakni Australia, Chile, China, Jepang, Jerman, Kamboja, Korea Selatan, Polandia, Rumania, Sierra Leone, Singapura, Slovenia, Spanyol, Sudan, Thailand, Timor Leste, Uzbekistan, dan Vietnam.
Setelah penutupan upacara usai, jajaran barisan para mahasiswa membentuk flashmob dengan tulisan “LOVE UMM, LOVE INDONESIA” dan hiasan “Jas Merah Kampus Putih”. Tidak seperti papermob, dalam formasi tersebut corak merah yang ditampilkan murni menggunakan pemandangan dari jas merah yang dikenakan mahasiswa. Sementara warna putih merupakan tampilan jilbab para mahasiswi. Paduan merah putih itulah yang pada gilirannya memperkuat filosofi kebangsaan flashmob UMM.