Malang Post

You are here: Politik Caleg Perempuan Bisa diganti

Caleg Perempuan Bisa diganti

Share
KOTA BATU - Komposisi caleg di Kota Batu masih bisa berubah sebelum pengumuman Daftar Calon Tetap, 22 Agustus nanti. KPU Kota Batu kini sedang mempersiapkan massa perbaikan berkas kelengkapan sebagai pendukung caleg masuk DCT.
"Masih bisa berubah. Jadi komposisi caleg yang sudah masuk dalam DCS kali ini belum tentu masuk DCT. Semua tergantung pada perbaikan berkas nanti," ungkap Supriyanto, Komisioner Kota Batu kepada Malang Post, kemarin.
Menurutnya, caleg perempuan masih bisa mundur dan diganti oleh parpolnya. Sedangkan caleg yang meninggal juga bisa diganti dengan lainya. "Kami belum tahu, apakah ada caleg perempuan yang mundur ataukah meninggal. Hal itu bisa diketahui pada massa perbaikan 26 Juli hingga 1 Agustus nanti,’’ jelasnya.
KPU juga masih menunggu penyerahan berkas para caleg yang berstatus belum memenuhi syarat (BMS). Caleg dengan status BMS itu antara lain yang berstatus sebagai anggota DPR/DPRD maju dari partai lain, TNI/Polri, dan Kades. Mereka harus menyerahkan surat pengunduran diri atau proses pengunduran diri dari instansinya.
"Jika tidak menyerahkan surat tersebut hingga masa perbaikan berkas nanti, mereka akan dicoret," tegas mantan aktivis GMNI Kota Malang ini. Ketika sudah dicoret, kata dia, mereka tidak bisa diganti lagi. Jadi partai yang mengusung juga tidak bisa mengganti.
Sementara itu Juhaimi, Ketua DPD PKS Kota Batu menjelaskan, hingga saat ini tidak ada masalah dengan calegnya. Meski KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat memberikan tanggapan, tidak ada satu pun yang mendapat kritikan dari masyarakat. Dia optimis semua caleg akan lolos ke DCT nanti.
‘’Sampai saat ini caleg dari PKS tidak ada masalah. Itu karena kami sudah melakukan verifikasi internal sebelum mendaftarkan ke KPU. Saya kira, caleg-caleg dari PKS nanti bisa lolos ke DCT dan bisa mengikuti Pemilu Legislatif 2014,’’ tegas Juhaimi. (feb)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.