Dukung Pemula di Bisnis Digital

MALANG – Telkom kembali menggelar Indigo Incubator, yakni sebuah program inkubasi start up kreatif digital. Program tersebut kali ini bekerjasama dengan Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI), sebagai upaya menghasilkan karya kreatif di era digital.
“Indigo Incubator ini merupakan program untuk menghasilkan talent atau start up yang kreatif, Industri kreatif digital sangat penting dan akan menjadi tulang punggung pertumbuhan Indonesia di masa depan.” ujar Senior General Manager Innovation and Design Center, Saiful Hidayat dalam Roadshow Indigo Incubator 2015 di Digital Lounge Malang, Selasa (10/3) lalu.
Menurutnya, saat ini talent, founder dan ekosistem digital masih memerlukan penyempurnaan. Salah satunya dengan program Indigo Incubator Telkom dan MIKTI, yang bisa menghasilkan karya, baik yang masih dalam bentuk ide, produk berpengguna maupun bisnis yang telah mendatangkan pendapatan.
Program Inkubasi ini ditujukan bagi start up yang ingin mengembangkan bisnisnya di bidang digital. Start up yang terpilih akan mendapat dukungan inkubasi selama tujuh bulan. Saiful menyampaikan, start up terpilih akan mendapatkan berbagai fasilitas, seperti akses pasar melalui channel pemasaran Telkom, pendampingan bisnis dan teknis oleh para mentor.
“Selain itu, pendanaan sejumlah Rp 250 juta per start up dengan opsi pendanaan lanjutan hingga Rp 2 miliar di tahap akselerasi (Indigo Accelerator) bagi produk yang memiliki prospek bisnis yang sangat baik,” beber dia.
Dia menambahkan, para start up juga akan memperoleh fasilitas kerja di Bandung Digital Valley, Jogja Digital Valley dan Jakarta Digital Valley, yang lengkap dengan akses internet berkecepatan tinggi serta beragam device & server. Fasilitas lengkap ini dapat digunakan untuk mendukung proses pengembangan aplikasi, serta akses ke berbagai Platform Digital Telkom Group, yang akan meningkatkan kualitas produk digital, seperti Payment Gateway, Cloud Services dan Big Data.
Terdapat enam kategori produk yang dapat dipilih oleh start up, yaitu City & Goverment Solution, Business Solution, Home Solution, Commerce, Personal Apps, dan Social Media & Community. Start up yang tertarik untuk mengikuti program Indigo Incubator dapat mendaftarkan diri melalui website www.indigoincubator.com sebelum tanggal 31 Maret 2015. (ley/han)