Sasar Pemula, Kinerja Setara Dual Core

MALANG – Pabrikan gadget lokal Advan bisa menjadi solusi bagi penggemar gadget yang tengah berburu perangkat dengan harga murah. Salah satunya, seri Advan Vandroid S4M yang merupakan seri entry level dan cocok bagi pengguna pemula yang belum memperhatikan brand untuk perangkat yang dipakainya.
Owner Shinta Cell Malang Plaza, Setiawan menyampaikan, Advan Vandroid S4M adalah perangkat dengan harga terjangkau. “Sesuai dengan fitur dan sasarannya untuk kalangan pemula, harganya hanya Rp 600 ribuan saja,” ujarnya.
Menurut dia, perangkat yang diluncurkan akhir tahun lalu ini, sangat cocok bagi customer yang baru beralih ke perangkat Android. Yakni customer yang semula menggunakan gadget hanya untuk telepon dan SMS, yang kini mulai belajar untuk terkoneksi dengan lebih canggih lagi. Mulai dari koneksi BBM, Whatsapp hingga browsing dunia maya yang lebih cepat.
“Sasaran utama memang pengguna pemula. Tetapi, perangkat ini juga cocok dijadikan hadiah oleh orang tua kepada anaknya,” beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Iwan ini menuturkan, seri ini berbekal bentang layar 4 inci dan memiliki resolusi 480 x 800 piksel. Resolusi itu dianggap setara dengan budget serta fitur lain yang ada dalam seri ini. Sementara, untuk tingkat kerapatan layar mencapai 233 ppi dan disempurnakan dengan jenis layar TFT kapasitif yang menghasilkan perangkat bersahabat akan sentuhan pengguna.
Dia memastikan, bila sistem operasi dari Vandroid S4M telah mengandalkans OS Android 4.4 KitKat. OS tersebut saat ini merupakan sistem terlaris yang beredar di pasaran. “OS seri ini sudah KitKat, sehingga tidak perlu khawatir akan tampilan antar muka yang sudah bagus dan koneksi ke dunia maya lebih cepat,” urai Iwan panjang lebar.
Sementara itu, untuk prosesor dari seri ini masih menggunakan single core. Menurutnya, kecepatan dapur pacunya mencapai 1 GHz yang dipadukan dengan RAM sebesar 512 MB. “Spesifikasinya sesuai dengan harga. Tidak masih di kelas bawah, namun sudah memandu pengguna untuk melek teknologi terbaru,” imbuh pria ramah ini.
Dia menuturkan, kinerja grafis dari Vandroid S4M terhitung meyakinkan dengan GPU Mali 400MP. Olah grafisnya mampu menopang seri ini untuk bersaing dengan perangkat yang memiliki dapur pacu setingkat lebih tinggi, yakni dual core yang lebih powerfull. “Harganya memang setara single core, tetapi berkat fiturnya bisa menyaingi ponsel lokal berotak dual core,” tandas dia. (ley/han)