Berfitur Android KitKat, Harga Rp 1 Jutaan

MALANG – Pabrikan gadget Samsung memiliki beragam koleksi terbaru di triwulan pertama 2015 ini. Salah satunya Samsung Galaxy Ace 4, seri yang baru meluncur di pasar gadget Malang awal Maret ini. Ponsel tersebut memiliki sasaran pasar low end, sesuai dengan harga dan fiturnya.
Owner Steven Cell Wawan Wahyu menyampaikan, perangkat ini merupakan satu dari beberapa koleksi terbaru Samsung. Seri ini memiliki tampilan seperti Samsung Galaxy V.
“Koleksi terbaru memiliki ukuran layar 4 inci dan beresolusi WVGA 800 x 480 pixel dan sekilas mirip dengan satu seri Galaxy terdahulu,” ujarnya.
Menurut dia, Samsung masih mengusung layar berteknologi TFT dengan tingkat kerapatan gambar sebesar 233 pixel per inch (ppi). Kerapatan tersebut  mendapat dukungan tampilan antarmuka Touch Wiz Essence UI untuk membantu tampilan layar mencapai 16 juta warna.
“Samsung Galaxy Ace 4 memiliki bodi berukuran  121.4 x 62.9 mm dan tebal 10.8 mm serta bobot 123.8 gram. Untuk tampilan layar, hampir sama dengan Samsung Galaxy V,” beber dia kepada Malang Post.
Menurutnya, sebagai smartphone keluarga dengan sasaran entry level, Samsung Galaxy Ace 4 menawarkan dual kamera.  Pada kamera utama, terdapat lensa dengan resolusi 5 MP yang dilengkapi dengan lampu LED dan juga autofocus. “Ketika menggunakan kamera belakang, bantuan LED lamp membuat bidikan terlihat jelas. Hasil foto terjamin lebih baik karena menggunakan autofocus,” urai dia panjang lebar.
Sementara itu, untuk kamera kedua di bagian depan, ponsel pintar ini menawarkan lensa dengan resolusi VGA atau setara 0.3 MP. Kamera ini untuk menunjang aksi narsis sang pengguna, bila ingin memotret wajahnya sendiri.
Pada bagai jerohan, smartphone ini menyesuaikan harganya. Berjalan dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat, aktivitas selancar di dunia maya mendapat jaminan lebih cepat. Apalagi, ketika dipadukan dengan prosesor Dual Core dari ARM Cortex A7 yang diklaim mampu berjalan dengan kecepatan 1 Ghz. Selain itu, juga tersemat sebuah chipset Spreadtrum yang telah dipasangkan bersama dengan kartu grafis berupa Mali-400. Sebagai penunjang aktivitas multitasking smartphone ini disisipi RAM berkapasitas 512 MB saja.
Untuk urusan penyimpanan, Samsung Galaxy Ace versi 4 ini menawarkan media penyimpanan internal dengan kapasitas 4 GB. Smartphone ini juga masih memiliki slot microSD yang bisa digunakan dengan maksimal oleh pengguna. “Jadi masih bisa melakukan perluasan memori internal dengan microSD maksimal hingga 64 GB,” imbuh Wawan.
Perangkat seharga Rp 1,2 jutaan ini memiliki optional dual SIM yang telah didukung dengan jaringan utama berupa 3G HSDPA. Selain itu juga terdapat penunjang berupa jaringan wifi yang akan menemani aktivitas pengguna dalam berselancar dengan dunia maya. (ley/oci)