Setelah Triple Play, Telkom Siap Loncat ke Octuple Play

JAKARTA - Telkom tak main-main dalam upayanya jadi raja broadband di Tanah Air. BUMN telekomunikasi itu tak mau berpuas diri hanya menyediakan tiga paket layanan alias triple play, tapi nantinya delapan paket sekaligus alias Octuple Play.
"Kalau Anda tanya Telkom, kami dengan Indihome tidak lagi triple play atau quadruple play, tetapi bisa disebut sebagai octuple play, delapan layanan dalam satu paket," ungkap VP Consumer Marketing & Sales Telkom Jemy Confido di Jakarta, Rabu (18/3/2015).
Menurutnya, IndiHome memang dihadirkan untuk mendukung sepenuhnya perkembangan gaya hidup dan kebutuhan pelanggan, dimana desain layanan triple play ditambah berbagai layanan seperti Wifi, selular, digital music, global call dan home automation. “Tetapi paket layanan tersebut tetap dapat dinikmati dengan harga yang kompetitif,” katanya seraya mengucap, era layanan broadband membuka berbagai kemungkinan baru bagi service provider dalam memberikan layanan kepada pelanggan.
Jemy menjelaskan, analogi yang sering digunakan untuk membandingkan broadband dan narrowband adalah jalan. Bila narrowband adalah jalan biasa, maka broadband adalah jalan tol. Jika jalan semakin lebar, maka lebih banyak mobil dengan kecepatan tinggi yang bisa lewat. Berkat broadband, lebih banyak layanan yang bisa dinikmati oleh pelanggan.
Di segmen fixed broadband yang mengandalkan akses dengan serat optik, awalnya dikenalkan layanan triple play atau tiga layanan dalam satu paket, yaitu telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi dan televisi, khususnya IPTV alias Internet Protocol Television.
Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan pengembangan layanan baru untuk mengantisipasi perubahan gaya hidup yang juga terus berkembang dan menyebabkan tumbuhnya kebutuhan dan keinginan baru dari pelanggan "Seiring semakin meluasnya penggunaan layanan broadband dan semakin berkembangnya fasilitas yang digunakan, maka muncullah istilah quadruple play," tambah Jemy.
Dari postingan-postingan yang dilakukan oleh ITU -- International Telecommunication Union -- tercermin bahwa yang dimaksud layanan quadruple playa dalah layanan triple play ditambah layanan nirkabel (wireless) baik selular maupun WiFi.
Tetapi istilah tersebut lebih merupakan gimmick marketing, bukan teknis, sehingga kadang-kadang diartikan beda oleh beberapa service provider. Pada akhirnya istilah quadruple play menjadi kabur.
Beberapa service provider yang tidak mempunyai kapabilitas untuk memberikan empat layanan tersebut (triple play + layanan nirkabel), mulai mengartikan istilah quadruple play menjadi empat layanan dalam satu paket (quadruple = lipat empat). Jenis keempat layanan dalam paket tersebut menjadi variasi disesuaikan dengan kapabilitas service provider.

Komponen Broadband
Lebih lanjut dijabarkan Jemy, komponen pertama dari layanan Indihome adalah akses internet kecepatan tinggi dengan dukungan jaringan fiber optik. Berbeda dengan kabel tembaga yang menyalurkan arus listrik dalam mengirimkan data, maka serat optik menyalurkan gelombang cahaya. Gelombang cahaya mempunyai kecepatan rambat (dalam ruang vakum) yang tetap, yaitu 3 x 100 juta meter per detik.
Kecepatan yang sama dengan arus listrik dan gelombang elektromagnet (dalam ruang vakum), karena gelombang cahaya adalah bentuk gelombang elektromagnet maka sesungguhnya secara kecepatan baik menggunakan kabel tembaga maupun fiber optik sama saja yaitu sama-sama kecepatan cahaya (light speed). Pembedanya, berapa volume data per detik yang mampu disalurkan dalam satuan bit per second atau bps "Saat ini akses internet pada Indihome yang menggunakan jaringan serat optik ditawarkan dengan kecepatan dari 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps," jelas orang kepercayaan Direktur Consumer Service Telkom, Dian Rachmawan ini. (jpnn/udi)