Usung Fitur Premium, Sasar Konsumen High End

MALANG  - Akhir tahun pabrikan Huawei menggebrak pasar gadget dengan meluncurkan berbagai macam smartphone dan tablet. Salah satunya tablet premium bernama Huawei MediaPad X1 yang memiliki ukuran layar 7 inci. Seri tersebut, hadir menyasar kalangan menengah ke atas, dengan beberapa keunggulan seperti kamera 13 MP dan penggunaan prosesor Quad Core dari Kirin.
Promotor Huawei Malang Plaza, Naima menyampaikan, tablet berukuran mini itu memiliki fitur kelas atas sehingga bandrolnya pun Rp 4,5 juta. “Untuk pabrikan lokal, harga ini menyasar kalangan menengah ke atas. Pengguna yang sangat aware dengan fitur terbaru pasti tergoda,” ujarnya.
Menurut dia, kamera sebesar 13 MP tergolong istimewa untuk kelas tablet. Pasalnya, pabrikan lain ketika meluncurkan tablet lebih memperhatikan fitur lainnya. “Namun untuk seri ini, Huawei tetap memberikan resolusi kamera maksimal, baik kamera utama maupun kamera kedua,” sebut dia kepada Malang Post.
Perempuan yang kerap disapa Ima ini menuturkan, kamera 13 MP Huawei MediaPad X1 7 mampu mencapai resolusi maksimal dengan teknologi full high display (FHD) mencapai 4160 x 3120 pixel. Untuk resolusi sebesar itu, kerap dipasang pada perangkat tipe smartphone. Resolusi ini semakin sempurna karena pengguna bisa memakai fitur autofocus, LED flash dan merekam video dengan kualitas HD pula.
“Kamera belakang memiliki diafragma f2.2 dengan 5 lensa Hybrid IR Flash. Diafragma ini memberikan ruang cukup besar bagi kamera untuk menangkap cahaya yang akan berpengaruh pada hasil jepretan,” terangnya.
Sementara itu, untuk kamera depan tidak kalah istimewa. Sensor kamera 5 MP lebih dari cukup untuk memenuhi hasrat foto selfie serta video chatting. Pada sisi kamera kedua ini, pengguna bisa mengambil foto selfie dengan lensa wide angle 22 mm. “Hasil kamera depan ini pasti membuat pengguna lebih gila foto diri sendiri,” goda dia, lantas tertawa.
Selain fitur kamera, seri yang meluncur di Malang akhir Desember lalu ini memiliki hardware kelas atas. Mulai dari prosesor Quad Core dengan kecepatan 1,6 GHz yang dihasilkan dari chipset Kirin 910, hingga pengolah grafis GPU Mali 450 MP4.
“Prosesor empat inti ini akan memberikan keleluasaan pengguna membuka aplikasi. Ketika dipadukan dengan RAM sebesar 2 GB, maka aktivitas multitasking untuk aplikasi berat pun masih dijamin lancar. Gambarnya pun menjadi lebih detail,” urai dia panjang lebar.
Untuk sisi penyimpanan, di bagian eksternal Huawei memberikan ruang mencapai 16 GB. Bila pengguna masih merasa kurang, bisa memanfaatkan slot microSD yang bisa dimaksimalkan dua kali lipat dari sisi internal. Kapasitas 32 GB bisa digunakan untuk menyimpan segala file multimedia seperti MP3, video hingga foto. “Untuk aplikasi dan file penting, ruang internal sangat lebar yang memberi jaminan perangkat tetap bisa berjalan lancar,” paparnya.
Sementara, bagi pengguna tablet ini bisa menjajal berbagai macam koneksi jaringan, mulai dari 2G, 3G hingga 4G. Khusus untuk 4G LTE, pengguna harus berada di area tertentu yang sudah ada akses super cepat tersebut, misal di beberapa titik di Surabaya dan Jakarta. Kapasitas mengunduh data bisa mencapai 120 Mbps dan upload mencapai 50 Mbps. (ley/han)