Disukai Berkat Balutan 4G

MALANG – Medio Desember tahun lalu, pabrikan Sony mengenalkan satu seri Xperia seri E yang sudah berbalut konektivitas 4G. Seri bernama Xperia E3 ini merupakan koleksi dengan segmen pasar low end yang dibandrol Rp 1,9 juta.
Promotor Sony Malang Plaza, Wita Ratnasari mengatakan, Xperia E3 ini merupakan ponsel murah ala Sony yang sudah mendapatkan balutan teknologi terkini. "Akhir tahun lalu, begitu operator mulai mengenalkan teknologi LTE, Sony pun mulai mengeluarkan seri yang support jaringan 4G," katanya.
Menurut dia, harga perangkat yang dibandrol sangat murah ini, untuk memenuhi keinginan pasar di kelas menengah ke bawah. Sebab, tidak perlu menyiapkan banyak budget untuk memiliki perangkat yang mampu memenuhi keinginan pengguna dalam memperoleh konektivitas data super cepat.
"Bila jaringan 4G sudah sampai di Malang, pengguna Xperia E3 tidak perlu repot lagi memburu gadget yang kompatibel dengan jaringan LTE. Dalam beberapa bulan terakhir, customer mulai mencari perangkat 4G ketika hendak membeli smartphone," papar dia panjang lebar.
Smartphone yang memiliki desain elegan layaknya Xperia M2 ini mengusung layar berukuran 4.5 inci. Berbalut teknologi TFT LCD, gambar yang dihasilkan layar memiliki resokusi sebesar 854 x 480 piksel.
Untuk sektor dapur pacu, smartphone ini mendapat dukungan chipset Qualcom Snapdragon yang merupakan prosesor Quad Core dengan daya jelajah mencapai 1.2 GHz. Kecepatan prosesornya dikombinasikan dengan pengolah grafis Adreno 305. "Spesifikasi jerohan perangkat menyesuaikan harga. Kombinasi otak Xperia E3 dipadukan RAM 1 GB dan membuat sistem pembuka aplikasi dijamin lancar," urai Wita.
Perangkat ini rata-rata diburu oleh pengguna yang masih berusia muda. Pengguna yang berburu smartphone dengan teknologi kekinian namun harganya masih pas di kantong. "Pengguna yang masih remaja seperti pelajar dan mahasiswa, selalu memperhatikan fitur koneksi, sistem operasi dan kamera ketika hendak membeli perangkat. Seri ini, juga sudah menggunakan OS Android 4.4 KitKat yang memberikan jaminan koneksi dan tampilan antarmuka lebih baik," terang Wita.
Sementar itu dari segi kamera, Xperia E3 berbekal kamera utama sebesar 5 MP yang telah menggunakan sensor Exmor RS for Mobile dilengkapi fitur autofocus dan LED flash. Kombinasi tersebut memudahkan pengguna membidik objek, baik di tempat yang terang hingga di ruangan yang minim cahaya. "Sedangkan untuk kamera depannya masih 1,3 MP saja. Tetapi sudah cukup menunjang pecinta selfie," tegas dia.
Untuk ruang penyimpanan, Xperia E3 hadir dengan mengusung memori internal berkapasitas 4GB dan slot microSD untuk memperluas memori eksternal hingga 32GB. Perangkat ini tersedia dalam beberapa varian warna, yakni hitam, putih, kuning, dan oranye. (ley/han)