Note Edge Hadir, Laris Manis

MALANG – Tidak sampai dua pekan sejak launching di Jakarta pertengahan Maret lalu, smartphone premium dari Samsung sudah menghiasi pasar gadget di Malang. Perangkat bernama Samsung Galaxy Note Edge tersebut kini sudah hadir dengan layar tambahan yang unik dan melengkung, serta memiliki fitur kelas atas seperti kamera berlensa 16 MP.
Team Leader Erafone Malang, Arye Kurnianto menyebutkan, Samsung Galaxy Note Edge hadir sejak awal pekan lalu dan langsung menarik perhatian penggemar gadget. “Sejak barangnya datang di Malang, hampir setiap hari ada penjualan Note Edge. Selain itu, kami juga menyalurkan barang pre order dari customer,” sebutnya.
Menurut Arye, kehadiran Samsung Galaxy Note Edge juga jauh lebih cepat dari perkiraan awal. Pasalnya, perangkat dengan bandrol Rp 10,99 juta ini baru dipastikan kehadirannya di Indonesia 13 Maret 2015 lalu. Sepekan kemudian, ternyata perangkat ini sudah menyebar di outlet gadget di tanah air.
Menurutnya, Galaxy Note Edge mengusung spesifikasi jempola menyesuaikan harganya. Misalnya pada sisi kamera utama yang memiliki resolusi 16 MP dan dipastikan menghasilkan gambar jernih berkualitras tinggi. Kamera tersebut menghasilkan gambar jepretan beresolusi 3456 x 4608 pixels dan kualitas videonya mencapai 2160 pixels sebanyak 30 frame per detik.
“Fitur kamera belakang memiliki optical image stabilization, autofocus, LED flash, dual shot, dan image recording. Masih ditambah geo tagging, touch focus, hingga face and smile detection untuk menyempurnakan hasil gambar,” papar dia panjang lebar.
Sementara itu, untuk hasil bidikan kamera depan memiliki resolusi 3,7 MP dan mampu menghasilkan kualitas video 1080p dengan 30 frame per second. Resolusi ini, sangat menunjang pengguna ketika melakukan video call dan memenuhi hasrat berfoto selfie.
Menurutnya, Note Edge ini memiliki kaca tambahan di sisi kanan perangkat dengan bodi agak melengkung. Fungsi dari layar ini bisa dimaksimalkan ketika pengguna sedang membuka aplikasi seperti game atau menonton video, dan ternyata ada pesan masuk. “Pesan bisa dilihat di layar tambahan berukuran 1 inci dan film bisa tetap berjalan,” beber dia kepada Malang Post.
Smartphone terbaru Samsung ini memiliki dapur pacu gahar, yakni prosesor Quad Cpre dengan kecepatan 2.7 GHz Krait 450. Clock speed yang tinggi dari chipset Snapdragon 805 ini dilengkapi dengan pengolah grafis Adreno 420 serta berbekal RAM tak kalah besar, mencapai 3 GB. “Untuk saat ini, RAM 3 GB dinilai paling tinggi, sembari menunggu peredaran gadget dengan RAM lebih tinggi yakni 4 GB,” papar dia panjang lebar.
Perangkat yang telah mengusung sistem operasi Android 4.4 KitKat ini mendapatkan memori internal yang sangat besar, mencapai 64 GB. Kapasitas yang lebar ini, memungkinkan pengguna untuk memasang berbagai macam aplikasi di bagian internal memory, seperti HD Gaming dengan ukuran yang besar.
“Foto-foto terbaik dan file pilihan terasa nyaman bila disimpan di perangkat. Untuk file video dan MP3, bisa memanfaatkan bagian eksternal yang memiliki slot microSD dengan kapasitas mencapai 128 GB,” urai dia. (ley/han)