Tablet Windows Pertama Advan

MALANG – Advan Mobile menggandeng operation system (OS) Windows di akhir tahun lalu dalam satu seri tabletnya. Perangkat tersebut bernama Advan Vanbook W80 yang sudah mengusung OS Windows 8.1 ketika beredar di pasaran.
Owner Loechya Cell, Siska Lusia mengatakan, di triwulan terakhir 2014 lalu, Advan mengenalkan dua seri tablet yang sudah berbalut Windows. Salah satunya Vanbook W80 yang merupakan tablet dengan ukuran layar 8.1 inci. “Seri ini meluncur dengan seri Vanbook W100 yang memiliki layar 10 inci akhir tahun lalu,” ujarnya.
Menurutnya, tablet ini menyusul vendor global yang sudah meluncurkan tablet bersistem Windows seperti Asus, Acer, dan Dell. Namun, Advan memiliki daya tarik pada harga yang bersahabat untuk tablet Windows-nya, di kisaran Rp 2 jutaan saja.
Advan Vanbook W80 mengusung layar yang sudah beresolusi HD mencapai 800 x 1280 pixels. Layar tersebut juga sudah menggunakan teknologi in plane switching (IPS) capacitive touchscreen. Teknologi itu menjamin suguhan layar yang jernih dan bening, serta tetap cerah optimal meskipun dilihat dari berbagai sudut.
“Navigasi layar multitouch dan peka terhadap sentuhan tangan. Sehingga, tidak perlu terlalu keras ketika menekan layarnya,” papar dia kepada Malang Post.
Perangkat ini memiliki desain sudut agak membulat dan hampir sama dengan beberapa tablet pendahulunya. Sementara, untuk material yang membalut bodinya berbahan plastik glossy di bagian casing depan. Sedangkan material casing belakang memakai bahan plastik doff untuk memberikan kesan elegan dan tidak licin ketika dalam genggaman. “Bagian bawahnya ada virtual logo home Windows sebagai navigasi. Bagian belakang ada tulisan Intel Inside sebagai bukti tablet Windows,” imbuh perempuan yang akrab disapa Lusi ini.
Sementara untuk jaringan, tablet ini didukung jaringan 2G GSM dan 3G HSDPA. Kecepatan internet dari jaringan 3G-nya mampu mencapai 21 Mbps dan memperlancar aktivitas pengguna di dunia maya.
“Untuk koneksi dijamin tidak mengecewakan. Aktivitas online pengguna pasti terpuaskan ketika menggunakan gadget berukuran lebar dan tidak lemot,” urai dia.
Dia menambahkan, Advan Mobile memberikan fitur kamera sebagai tambahan bila pengguna bosan mengoperasikan tablet untuk online atau mengerjakan tugas. Kamera belakang dengan resolusi 2 MP telah dilengkapi flash dan autofocus yang akan beradu dengan kamera depan 0.3 MP berformat VGA.
“Kamera memang bukan fitur utama yang diperhatikan Advan. Sebab, perangkat ini sudah unggul dengan sistem Windows dan koneksinya yang cepat,” pungkas dia. (ley/han)