Xperia E4 Bidik Pengguna Menengah

MALANG - Pabrikan Sony tidak ingin ketinggalan meluncurkan seri terbaru di awal 2015. Salah satunya seri Xperia E4, ponsel yang menyasar kalangan menengah tetapi sudah memakai fitur terkini untuk memanjakan penggunanya.
Promotor Sony Malang Plaza, Wita Ratnasari menyampaikan, Sony Xperia E4 memiliki sasaran pasar menengah ke bawah, bila dilihat dari harganya. Pasalnya, pabrikan yang juga terkenal akan produk elektronik ini membandrol perangkat terbaru hanya Rp 2 juta.
"Harganya sangat murah bila dibandingkan dengan fitur yang diberikan oleh Sony. Misalkan OS terlaris Android KitKat, dan pengolah grafis terbaik agar gambar terlihat sangat halus," ujarnya.
Menurut Wita, sebagai smartphone keluaran baru di 2015, Sony Xperia E4 ini masih menjalankan sistem operasi Android OS v4.4.4 KitKat. Namun Sony akan memberikan upgrade ke OS terbaru yakni Android v5.0 Lollipop agar pengguna Xperia E4 bisa merasakan OS terbaru Android tersebut.
Sony Xperia E4 memiliki dimensi mencapai 137 x 74.6. Layarnya yang tipis menambah menawan desain layar luas Sony Xperia ini. Material yang digunakan berbahan plastik namun berkualitas tinggi, sehingga terkesan tidak memegang smartphone berbahan plastik dan cenderung merasakan memegang keramik.
Untuk performanya, Sony Xperia E4 menggunakan chipset Mediatek MT6582 yang mengusung processor Quad-core Cortex-A7 dengan clock speed 1.3 GHz. Kecepatan ini dijamin lebih baik dari pendahulunya.
Performa yang dihasilkan dari processor 4 inti tersebut akan ditopang dengan RAM 1 GB sehingga smartphone Sony Xperia harga menengah ini mampu memberikan kinerja responsif dan andal, apalagi saat multitasking aplikasi dan membuka game berat. Sementara, kebutuhan grafis pengguna akan dilengkapi dengan kartu grafis Mali-400MP2 yang cukup halus ketika menampilkan grafis gaming.
Harga Sony Xperia E4 yang terbilang bersahabat di kelasnya ini belum mendukung jaringan 4G LTE. Namun pengguna masih mendapatkan jaminan kenyamanan dengan kecepatan koneksi 3G HSPA hingga 21.1 Mbps saat  download dan 5.76 Mbps ketika upload.
"Kebutuhan koneksi internet akan tercukupi dengan optimal. Apalagi pengguna juga dapat terkoneksi di area hotspot dengan konektivitas Wi-Fi ataupun untuk tethering Hotspot," pungkasnya.(ley/han)