Kapasitas Baterai Jadi Andalan

MALANG – Vendor lokal Evercoss memiliki koleksi tablet murah yang semakin menambah jajaran perangkat tabletnya. Salah satunya tablet bernama Evertab AT1A, yang memiliki daya tarik pada sisi baterai dengan kapasitas sebesar 4100 mAh untuk menopang daya tahan tablet ketika dioperasikan.
Owner Shinta Cell, Setiawan menyampaikan, Evercoss Evertab AT1A mulai hadir di pasar gadget di semester kedua tahun lalu. Bila beberapa seri terbaru mengedepankan sektor kamera, dalam seri tersebut, pabrikan lokal ini justru memilih baterai untuk menarik penggemar gadget.
“Seri ini unggul dalam hal kapasitas baterai. Bila dibandingkan dengan kompetitor dengan harga di kisaran Rp 1 juta, maka Evertab AT1A terbilang unggul,” ujarnya.
Menurut dia, pabrikan lain sebagian besar masih menggunakan baterai dengan kapasitas 3500 mAh sampai 3800 mAh. Selisih sekitar 500 mAh diakuinya mampu memberikan daya tahan operasional tablet mencapai 2-3 jam. “Memang tidak terlalu besar selisihnya. Namun ketika tablet sering digunakan, akan sangat terasa keunggulan Evertab AT1A,” terang dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Iwan ini menuturkan, Evercoss AT1A memiliki spesifikasi hardware yang lumayan pula. Hal itu bisa dibuktikan dengan prosesor Quad Core dari MediaTek. Dapur pacu ini memberikan kecepatan jelajah aplikasi mencapai 1.3 Ghz. Sehingga, tablet ini dipastikan tidak bermasalah untuk memenuhi keinginan bermain game 3D dari pengguna.
“Tetapi tidak hanya karena dapur pacunya, namun spesifikasi lain yang tidak kalah. Misalnya RAM sebesar 1 GB dan memori internal yang lebih luas berukuran 8 GB,” tambahnya.
Dia menyampaikan, ponsel dengan target pasar entry level ini mengusung bentang layar kapasitif berukuran 7 inci. Dimensinya berukuran 190 x 108 x 10,6 mm dan memiliki bobot lumayan berat mencapai 341 gram. “Bobotnya terpengaruh pada penggunaan baterai Li-ion yang tebal menyesuaikan kapasitas,” imbuh dia.
Dia menuturkan, tablet ini mendapat dukungan jaringan GSM dan 3G HSPA yang telah mendukung dua slot SIM. Sementara, untuk sektor tablet, tidak menjadi fokus utama. “Kameranya hanya berukuran 3 MP, tetapi lumayan menopang bila pengguna ingin memotret objek penting di depannya. Lensa sesuai dengan harganya yang murah,” tuturnya.(ley/han)