Bantu Korporasi Tingkatkan Efisiensi Proses Bisnis

SURABAYA - Melalui bisnis Internet of Thing (IOT), PT XL Axiata Tbk (XL) terus melahirkan inovasi berbasis layanan teknologi informasi dan telekomunikasi. Antara lain berupa solusi untuk korporasi yang berguna membantu peningkatan produktivitas dan efisiensi proses bisnis. Salah satunya adalah aplikasi “Enterprise”, yang dirancang untuk menjawab kebutuhan pelanggan korporat.
Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi mengatakan, melalui  XL IOT, pihaknya telah menyiapkan empat solusi pada aplikasi Enterprise sehingga setiap perusahaan dapat dengan mudah mengautomisasi pekerjaan manual dan mempercepat bisnis proses supply chain.

Desy menambahkan, empat solusi dalam aplikasi Enterprise tersebut mencakup Manajemen Penjualan, Manajemen Inventori dan Pergudangan, Manajemen Survey, serta Manajemen Distribusi dan Canvasser. “Pada fitur manajemen penjualan, solusi ini digunakan untuk meningkatkan fungsi tenaga penjual dalam mengakses kebutuhan pelanggan serta target penjualan. Solusi ini juga dapat meningkatkan waktu response dari penyediaan kebutuhan pelanggan,” jelasnya.

Solusi manajemen inventori dan pergudangan, dirancang khusus untuk mengelola kegiatan operasional gudang, mulai dari pencatatan barang masuk hingga barang keluar. Aplikasi ini menggunakan sistem Barcode untuk mempermudah pekerjaan di lapangan. Dengan demikian, pelanggan akan mudah dalam mengelola data inventori barang seperti serial number, expiry date, batch melalui berbagai macam metode prosedur (First in First Out atau First Expired First Out).
Ia menerangkan, untuk layanan manajemen survey memudahkan perusahaan yang bergerak di bidang jasa survey maupun perkreditan dalam memperoleh informasi dari pelanggan. Tenaga lapangan dapat dengan mudah mengumpulkan data responden atau nasabah dan mengirimkan informasi tersebut secara real time ke pusat sistem data perusahaan. Lalu, pada solusi manajemen distribusi dan canvasser, solusi merupakan gabungan dari manajemen inventori serta manajemen penjualan, di mana penggunaannya untuk mengelola seluruh pelanggan perusahaan, termasuk menentukan pedoman kunjungan tenaga penjual (call plan atau route plan) maupun kurir pengantar barang.

Selain memberikan kecepatan, lanjutnya, aplikasi ini juga beroperasi di sistem operasi Android yang memudahkan pelanggan untuk menggunakannya di berbagai jenis perangkat ponsel. Arifa Febriyanti, General Manager M2M Technology yang bertanggung jawab dalam pengembangan aplikasi ini menekankan, tim operasional XL akan berkomunikasi ke pelanggan dalam menentukan layanan yang tepat dan terbaik sesuai kebutuhan perusahaan. “Serta memastikan solusi ini dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan korporat,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, aplikasi Enterprise tersebut telah diuji di beberapa perusahaan pelanggan korporat dari berbagai macam sektor industri, seperti perdagangan barang dan jasa konsumer, lembaga Keuangan dan bank, serta logistik.
Bisnis XL IOT telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hingga Maret 2015, jumlah koneksi XL IOT meningkat pesat menjadi lebih dari 600.000 koneksi. Angka ini merupakan kombinasi jumlah pelanggan aktif terdaftar dan pelanggan yang berkomitmen menggunakan XL. EDC (Electronic Data Capture) tetap mendominasi koneksi di XL IOT dan disusul oleh pengguna AMR (Automated Meter Reading).(*/han)