Temukan Ponsel Hilang Lewat Google

Google akan mencari posisi ponsel melalui GPS dan memberikan alamatnya kepada Anda.

Kehilangan ponsel memang menyebalkan, tapi fitur baru Google mungkin bakal bisa membantu pengguna Android yang mengalami kejadian apes tersebut. Caranya pun sederhana, tinggal cari lewat mbah Google.
Syaratnya juga gampang, pastikan pengguna Android login di situs pencarian Google menggunakan email yang sama dengan akun Gmail yang dipakai di ponsel Android. Setelah dipastikan sudah sama, ketik ‘find my phone’ di kotak isian mesin pencari Google.
O iya, sebelum itu juga pastikan setting GPS di ponsel Androidnya diaktifkan. Karena Google akan mengetahui posisi ponsel berdasarkan data yang dikirimkan oleh GPS. Akan lebih baik bila pengguna memilih setting GPS yang ‘high accuracy’ ketimbang ‘device only’, karena lokasi ponsel akan lebih cepat ditemukan.
Kemudian ketik find my phone, dan sim salabim! Bakal langsung muncul tampilan peta Google yang menunjukan di mana lokasi ponsel saat ini. untuk tampilan yang lebih besar, pengguna tinggal klik di peta tersebut.
Di dalam peta pengguna juga akan menemukan menu pop-up yang letaknya ada di kiri atas layar. Melalui menu itu pengguna juga bisa membuat ponsel berdering atau bahkan untuk mengunci sekaligus menghapus semua data di dalamnya. Hal ini berguna kalau-kalau ada data penting yang takut disalahgunakan ketika ponsel hilang.

Tapi selain untuk mencari ponsel yang raib, fitur my phone kepunyaan Google ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari ponsel yang kelupaan diletakkan di mana. Tinggal aktifkan saja deringnya melalui menu yang ada di tampilan 'find my phone' di situs Google, meski dalam setelan silent ponsel bakal berbunyi dan ketahuan ada dimana.(dtc/han)