Pendatang Baru Usung Teknologi 4G

MALANG - Pasar gadget Malang sejak awal April ini mulai diramaikan oleh seri terbaru Lenovo bernama P90. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi kelas atas serta telah mengusung teknologi 4G Long Term Evolution (LTE). "Lenovo P90 koleksi terbaru dengan performa powerfull berkat tunjangan koneksi 4G," ujar Head Store Erafone Malang, Nico Wahyudin.
Dia menuturkan, teknologi 4G LTE kini menjadi andalah vendor smartphone untuk menggoda pasar. Pasalnya, teknologi yang menawarkan koneksi setingkat lebih tinggi dari 3G ini akan menjamin pengalaman download dan upload super cepat. Akses data internet berkecepatan LTE Cat4 mencapai 150/50 Mbps. Selain itu juga disediakan konektivitas 3G HSDPA berkecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps.
"Di Malang memang masih belum ada koneksi 4G. Namun, beberapa kota di Indonesia sudah mulai terjangkau dan beberapa bulan terakhir perangkat dengan koneksi 4G diburu customer," ujarnya kepada Malang Post, kemarin.
Dia menyebutkan Lenovo P90 ini membawa spesifikasi layar mumpuni dengan teknologi sentuh kapasitif dari in plane switching (IPS) yang menghasilkan gambar sangat bening bening. Terlebih, perangkat dengan layar 5,5 inci ini mengusung resolusi Full HD yakni 1080 x 1920 piksel serta memiliki kepadatan layar hingga 401 pixel per inch (ppi) dalam variasi 16 juta warna.
“Desain Lenovo P90 ini memiliki tampilan fisik kotak persegi dengan empat sudut agak meruncing. Membawa dimensi 150 mm x 77.4 mm serta memiliki bodi setebal 8.5 mm,” paparnya.
Dapur pacu dari Lenovo P90 ini menggunakan prosesor Quad-Core berkecepatan 1.83 GHz yang diduetkan chipset Intel Atom Z3560. Hardware itu mampu memroses daya akses secepat 64 bit dan membuat performanya cukup gahar. Sementara itu, perangkat ini mengusung pengolah grafis PowerVR G6430 untuk menyuguhkan grafis berkualitas saat pengguna menonton video atau bermain game. “Aktivitas multitasking dijamin aman dan lancar. Apalagi, RAM yang disematkan sebesar 2 GB,” sebutnya.
Untuk urusan fotografi, Lenovo P90 ini membawa spesifikasi kamera mumpuni. Pada bodi belakangnya tertanam kamera belakang berukuran sensor 13 MP yang memiliki resolusi tinggi sebesar 4160 x 3120 pixels.  Kamera utama ini telah berbekal fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang mampu memberikan fungsi sebagai pencegah hasil foto blur atau buram saat obyek sedikit bergerak.
“Selain itu ada pula fitur auto focus dan Dual LED yang mampu menghasilkan hasil foto bersih, jernih dan cerah meskipun digunakan di tempat minim cahaya. Fitur lainnya yakni Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan HDR sehingga akan menambah kesempurnaan hasil foto,” pungkasnya. (ley/udi)