Ukuran Jarang Kompetitor, Upgrade OS KitKat

MALANG – Segmen entry level atau pemula memiliki daya tarik bagi vendor gadget untuk memasarkan produknya. Tak terkecuali dalam seri tablet, banyak pabrikan lokal yang mengeluarkan beragam model dengan daya tarik tertentu. Salah satunya Advan yang mengeluarkan seri Vandroid E3A, tablet dengan ukuran layar 9 inci yang belum terlalu banyak di pasaran.
“Advan memiliki seri yang ukuran layarnya tidak terlalu wajar. Advan E3A dengan layar 9 inci,” ujar Promotor Sentral Gallery Malang Plaza, Melandie.
Perempuan yang akrab disapa Mela ini menerangkan, bila ukuran 9 inci tersebut membuat seri Advan ini memiliki daya tarik tersendiri. Dianggap tidak terlalu besar, namun tidak terlalu sempit pula untuk pengguna yang berburu tablet. “Bisa mengoperasikan tablet dalam ukuran lebih besar yang lebih memanjakan mata,” terangnya.
Dia menuturkan, perangkat yang dikenalkan semester 2 tahun 2014 ini, sekarang mendapatkan upgrade sistem operasi. Bila sebelumnya masih mengusung OS Android 4.2 Jelly Bean, maka di awal tahun ini Advan telah memberikan OS lebih terkini dan menawarkan kinerja yang lebih baik, Android 4.4 KitKat. “Seri terbaru mengusung OS yang laris di pasaran. Dengan Android KitKat, user interface dan koneksi di dunia maya jauh lebih cepat. Pasti lebih memanjakan sang pengguna,” ujar Mela kepada Malang Post, kemarin.
Dia mengakui, tablet yang tampil elegan ini juga mengupgrade bagian hardwarenya. Hal ini dibuktikan dengan perubahan prosesor Dual Core yang kini telah beralih pada teknologi Quad Core. Tak pelak, kinerja tablet ketika menjelajah aplikasi dijamin lebih cepat. Sebab, dengan kecepatan 1,3 GHz, perangkat ini berpadu dengan RAM sebesar 1 GB. “Peningkatan hardware rata-rata setingkat lebih tinggi. Makanya, beberapa waktu terakhir banyak yang tertarik untuk membeli tablet Advan seri ini,” paparnya panjang lebar.
Dia menuturkan, bila perangkat ini bisa menarik karena harganya juga murah. Pabrikan lokal ini hanya membandrol Rp 1,2 jutaan untuk seri yang mengusung layar in plane switching tersebut.
Vandroid E3A ini memiliki internal memori sebesar 4 GB untuk memfasilitas pengguna menginstal aplikasi penting, misalkan untuk menunjang pekerjaan seperti MS Office. Selain itu, aplikasi lain yang tak kalah penting seperti cuaca hingga edit foto juga disarankan berada di bagian perangkat. “Untuk memori eksternalnya bisa mencapai 32 GB. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk menyimpan file multimedia seperti MP3, foto dan video,” terangnya.
Perangkat yang telah mendapat support teknologi 3G/HSDPA ini disertai pula dengan prot microUSB, GPS dan Bluetooth 4.0. Sementara, baterai yang diusung berkapasitas 4.000 mAh untuk menunjang pengguna ketika mengoperasikan aplikasi, misalnya kamera yang memiliki resolusi 2 MP baik di bagian depan maupun belakang. (ley/udi)