XL Gelar Future Leaders di UB Malang

MALANG POST – PT XL Axiata Tbk akan melakukan sosialisasi XL Future Leaders di Universitas Brawijaya (UB), Kamis besok. Acara yang didanai dari progam Corporate  Sociality Resposibility (CSR) XL ini diharapkan bisa memperkuat kinerja XL di masa mendatang.
“Sasaran utamanya memberi kesempatan para mahasiswa berprestasi menjadi pemimpin masa depan. Karena kami yakin banyak potensi muda calon pemimpin andal,” kata Presiden Direktur XL Dian Siswarini usai sosialisasi di Graha ITS Surabaya, kemarin siang.
Dian menambahkan, tahun 2015, XL akan menjaring 145 mahasiswa dari wilayah Indonesia Timur untuk masuk progam berkesinambungan ini. 20 persen di antaranya dialokasikan untuk mahasiswa berprestasi tetapi kurang mampu secara ekonomi.
“Kali ini, kami pilih Surabaya lebih dahulu untuk kegiatan sosialisasi. Kami yakin Surabaya memiliki banyak potensi muda berbakat untuk menjadi pemimpin masa depan,’’ paparnya dengan menyebut UB menjadi pilihan kedua setelah ITS.
Secara teknis, lanjut Dian, program Future Leaders akan membekali peserta dengan berbagai pengetahuan dan keahlian dasar. Selanjutnya diberikan materi lanjutan yang pada saatnya nanti diharapkan muncul pemimpin lembaga tingkat global berasal dari Surabaya.
“Progam ini merupakan salah satu bentuk komitmen XL mendukung pemerintah dalam memperluas pemerataan kesempatan program pendidikan. Kebijakan ini merupakan penerapan atas masukan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” urainya.
Sementara itu  Anton Reynaldo, mahasiswa ITS Jurusan Teknik Elektro mengaku, mendapat banyak manfaat dari program ini.  Sebelum bergabung di XL Future Leaders, pengetahuannya mengenai kepemimpinan cukup terbatas.
Program Future Leaders, lanjut Anton, mengajarkan banyak hal terkait kepemimpinan. Termasuk sejumlah keahlian yang perlu diasah, juga sikap serta visi pemikirannya.
“Ini program sangat bagus dan bermanfaat. Karena itu saya tidak ragu mengajak teman-teman mahasiswa Surabaya mencoba mengikuti seleksinya,’’ ujarnya mewakili 500 mahasiswa di Graha ITS, kemarin siang.
Sosialisasi Program XL Future Leaders dilakukan mulai Maret lalu persis pada tahun ajaran 2015-2016, diawali di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Total, sosialisasi akan dilakukan di 18 perguruan tinggi negeri dan swasta, yang tersebar di hampir seluruh wilayah Nusantara, antara lain Medan, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Surabaya, Mataram, Makassar, Malang dan Manado.
Dalam jangka pendek, XL Future Leaders ingin mencetak 7.500 generasi muda calon pemimpin. Tetapi tahun ini kuotanya hanya 145 tempat untuk yang lolos seleksi tiga tahap. Ketiganya adalah seleksi administrasi, tertulis dan wawancara. (has/han)