Windows 10 Bisa Dipakai Seperti PC

Ajang Microsoft Build 2015 menjadi momen bagi Microsoft untuk sedikit memberikan gambaran kemampuan dari Windows 10. Sejak pengenalan awal, publik sudah mengetahui kalau Windows 10 bakal bisa dioperasikan pada berbagai jenis perangkat, baik itu perangkat mobile ataupun PC desktop. Namun ternyata, kemampuan Windows 10 lebih dari itu.
Microsoft pun memperlihatkan bagaimana kemampuan sebenarnya dari Windows 10 pada saat dipakai pada perangkat mobile seperti smartphone. Dalam sebuah demo yang ditunjukkan, Microsoft menggunakan Windows 10 Continum yang selanjutnya bisa dipakai selayaknya PC komputer biasa. Bahkan lengkap dengan mouse dan keyboard.
Selain itu, ponsel Windows 10 juga bisa dihubungkan dengan sebuah monitor menggunakan port HDMI. Tampilan pada layar monitor pun bakal mempunyai kemiripan dengan versi desktop. Terlebih aplikasi universal yang tersimpan di ponsel bakal secara otomatis beradaptasi agar tampil sesuai di monitor dan bisa dioperasikan dengan peripheral komputer.
Meski bisa digunakan selayaknya sebuah PC desktop, namun pengguna smartphone Windows 10 tak bisa menginstal aplikasi Win32. Pengguna Windows 10 hanya bisa menggunakan aplikasi yang didesain secara khusus untuk Windows 10.(brt/han)