Up Grade, Tingkatkan RAM dan OS

MALANG – Vendor Oppo meluncurkan upgrade dari ponsel low end-nya, Oppo Joy sejak Maret 2015. Mendapatkan perubahan pada sektor RAM yang lebih luas sebesar 1 GB, seri dengan kode R1011 ini hadir dengan nama Oppo Joy Plus yang membuat ponsel lebih bebas dan cepat ketika pengguna mengoperasikan perangkat tersebut.
Promotor Oppo Tiga Putra Celluler, Vita Maharani menyampaikan, Oppo Joy merupakan ponsel terlaris dari pabrikan lokal ini. “Smartphone ini merupakan seri termurah Oppo dan paling diburu oleh penggemar meskipun masih menggunakan RAM 512 MB. Makanya, dilakukan upgrade untuk memanjakan customer,” ujarnya.
Menurut dia, Oppo Joy Plus mendapatkan asupan RAM yang lebih besar agar menambah kinerja ponsel. Terutama ketika pengguna tengah mengoperasikan beberapa aplikasi secara berbarengan, maka ponsel tidak menjadi lemot dan baterai tidak mudah panas. “Ketika RAM masih belum diup grade, Oppo Joy sangat mudah panas dan kinerja melambat. RAM 1 GB, membuat seri ini pasti lebih bertenaga,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, Oppo Joy Plus yang memberikan jaminan kinerja lebih lancar, makin sempurna dengan upgrade pada sistem operasi (OS). Bila sebelumnya vendor yang melejit setahun terakhir ini masih memberikan OS Jelly Bean, maka untuk seri terbaru sudah menggunakan Android 4.4 KitKat. Perangkat dengan prosesor dual core ini memiliki kecepatan jelajah mencapai 1,3 GHz.
“Android KitKat sangat bagus untuk mendukung ColorOS 2.0 sebagai user interface yang digunakan Oppo. Penampilan layar lebih keren, begitu pula dengan kecepatan akses internetnya,” urai dia panjang lebar.
Vita menyebutkan, layar Oppo Joy Plus menggunakan layar in plane switching (IPS) capacitive touchscreen 16 juta warna, yang memiliki resolusi 480 x 800 pixel. Layar ini memiliki kepadatan 233 ppi, untuk menyokong layar 4,5 incinya. Alhasil, kualitas gambarnya terhitung jernih dan minim pecah ketika membuka aplikasi dengan resolusi HD.
Ponsel dengan bandrol Rp 1,499 juta ini memiliki resolusi kamera yang sama dengan pendahulunya. Sensor sebesar 3,15 MP dengan hasil gambar mencapai 2048 x 1536 pixels telah mendapat dukungan LED flash dan geo tagging. “Untuk foto-foto sudah cukup bagus, kecuali ketika untuk video. Sedangkan kamera VGA di bagian depan akan membantu pengguna berfoto selfie,” tambahnya.
Menurut Vita, perubahan ini membuat penggemar gadget di kelas entry level makin mudah tertarik begitu menjajal kemampuan terkininya. Masih sama dengan sebelum mendapatkan upgrade RAM, pasti terjadi penjualan setiap hari untuk seri ini di outletnya. (ley/han)