Lumia 640 Segera Meluncur

MALANG – Vendor Microsoft terus aktif meluncurkan smartphone terbarunya. Pasca dikenalkaan dalam ajang Mobile World Congress di Barcelona Spanyol Februari lalu, Microsoft Lumia 640 segera meluncur di pasar lokal. Ponsel kelas menengah ini, diprediksi hadir pertengahan Mei ini di Indonesia.
 “Sudah ada informasi  seri ini segera hadir di Indonesia. Pertengahan bulan ini di kota-kota besar, termasuk Malang,” ujar Promotor Microsoft, Astu Rokha, kemarin.
Dia menyebutkan, Lumi 640 hadir dengan mengusung bentang layar yang cukup lega dan favorit di pasaran, yakni 5.0 inci. Layar ini berbalut dengan teknologi in plane switching (IPS), LCD yang lengkap bersama dengan ClearBlack. Selain itu, untuk menyempurnakan tampilan layar tersebut juta telah tersemat sebuah resolusi dengan ukuran HD 720 pixel. “Penampilan gambar dari dalam layar sangat bagus berkat balutan IPS dan ClearBlack. Gambar tampak jernih dengan resolusi yang tinggi,” tambah dia.
Saat mengoperasikan smartphone ini pengguna juga tidak perlu merasa was-was akan terjadinya sebuah goresan yang akan menimpa ponsel. Pasalnya perusahaan ini telah memasangkan sebuah pelindung layar berjenis Corning Gorilla Glass 3 pada bagain layar Lumia 640 ini.
Astu menuturkan, seri ini hadir di kelas menengah ke bawah, dengan bandrol di kisaran Rp 2 juta, berdasarkan harga dan fiturnya. Hardware dan software tidak terlalu tinggi atau canggih, namun juga tidak entry level. Misalnya pada sektor dapur pacu, smartphone ini juga cukup menawan dengan otak menggunakan prosesor Quad Core berkemampuan kinerja 1.2 Ghz.
“Dukungan pengolah grafis berupa GPU berjenis Adreno 305 dan juga RAM dengan kapasitas 1 GB menyempurnakan kinerjanya. Semua itu dijalankan diatas sistem operasi Windows Phone 8.1 yang dikabarkan akan segera mendpat upgrade pada Windows Phone 10,” urai dia panjang lebar.
Microsoft membekali smartphone Lumia 640 ini dengan memori internal berkapasitas cukup besar, yakni 8 GB. Kapasitas memori internal tersebut masih bisa diperluas lagi dengan menggunakan microSD dengan kapasitas paling banyak 128 GB. “Memori internal lega untuk dipasangi aplikasi penting. Sementara eksternalnya sangat besar, dan mampu menampung ribuan file foto dan lagu,” tambah Astu.
Pada sisi fitur pemotretan, Microsoft menyediakan kamera utama dengan resolusi 8 MP sebagai pelengkap Lumia 640 tersebut. Dari kamera utama tersebut, telah tersemat fitur autofocus dan juga lampu LED Flash. “Kamera utamanya sangat tangguh untuk memotret sekalipun di dalam ruangan dan minim cahay. Sementara untuk kamera keduanya hanya sebatas 0.9 MP saja, namun meskipun ukurannya tidak terlalu besar, masih bisa melengkapi kebutuhan video call pengguna,” jelasnya.
Lumia 640 memiliki kapasitas baterai 3000 mAh. Menurutnya, baterai ini terhitung berkapsitas besar dan menjadikan perangkat akan lebih hemat daya hidup. Untuk membawa seri ini, customer sudah mulai bisa berkonsultasi di beberapa outlet besar seperti Tiga Putra, Erafone, Oke Shop dan Global Teleshop, yang telah menyediakana brosur untuk mengetahui spesifikasi lebih detail. (ley/udi)