Generasi Terbaru dengan RAM 1 GB

MALANG – Vendor yang terkenal dengan produk laptop, Asus mengeluarkan beberapa seri smartphone terbaru di awal tahun ini. Mulai dari ponsel dengan sasaran high end seperti Asus Zenfone 2 hingga perangkat yang menyasar entry level, Asus Zenfone 4C yang kini sedang laris di pasar gadget lokal.
Owner Shinta Cell, Setiawan menuturkan, seri ini terkenal dengan sebutan Asus Zenfone C. Sejak sebulan terakhir, generasi penerus Zenfone 4 dan Zenfone 4S ini memiliki banyak peminat. “Untuk koleksi Asus, seri ini sekarang yang laris, selain seri Zenfone 5. Hampir di setiap outlet besar, pasti selalu ada penjualan ponsel murah ini,” ujarnya.
Dia menyampaikan, selain setiap hari terjadi penjualan, Zenfone 4C ini memiliki stok yang melimpah. Beberapa outlet berani membeli dalam jumlah besar, karena diimbangi permintaan yang besar pula dari penggemar gadget. “Sama dengan seri Zenfone 4 dulu yang sangat laris, seri ini juga begitu,” tegasnya.
Menurut pria yang akrab disapa Iwan itu, Zenfone 4C memiliki ukuran yang sama dengan dua seri Zenfone 4. Berukuran 4,5 inci, seri ini memiliki pembeda pada sisi RAM-nya. Asus membenamkan RAM berukuran 1 GB di seri terbaru, ketimbang seri sebelumnya yang masih 512 GB.
“Perubahan paling utama pada sisi RAM. Ukuran yang lebih besar untuk mendukung dapur pacu Dual Core dengan kecepatan 1,2 GHz. Sehingga, memiliki ruang operasional sistem yang lebih besar,” urai dia kepada Malang Post.
Menurutnya, Asus masih setia bekerjasama dengan Intel untuk menghadirkan chipset Intel Atom sekalipun masih dua inti. Akan tetapi, seri ini tetap terjamin kecepatan jelajah aplikasinya karena memiliki teknologi Hyper Threading yang membuat kinerja makin cepat. Selain cepat, perangkat juga tetap efisien akan penggunaan baterai. “Kecepatannya setara dengan chipset Quad Core yang bukan dari Intel. Game 3D pun sangat ringan dilahap oleh ponsel terbaru ini,” urainya.
Iwan menuturkan, perangkat ini menggunakan panel in plane switching (IPS) Display berukuran 4,5 inci yang memiliki resolusi gambar sebesar 480 x 854 piksel dengan tingkat kerapatan layar 218 pixel per inch (ppi). Gambar dipastikan tajam dengan IPS dan aman berkat lapisan oleophobic coating yang membuat layar tidak mudah tergores.
Perangkat dengan bandrol Rp 1,2 jutaan ini telah menggunakan OS Android KitKat 4.4 dengan user interfaece ZenUI. Tampilan dari perangkat lebih bagus serta memiliki daya koneksi yang lebih cepat ketika digunakan untuk selancar di dunia maya.
Sementara itu, dari segi kamera Zenfone 4C menggunakan kamera utama berkekuatan 5 MP dilengkapi dengan autofocus dan LED flash. Dua fitur ini mampu menunjang aktivitas memotret dalam kondisi minim cahata. Ketajaman maksimal foto sebesar 2592 x 1944 pixels. “Sedangkan untuk bagian depan menggunakan kamera VGA,” urainya.
Dia menambahkan, Zenfone 4C ini menjadi penawar kerinduan bagi penggemar Asus yang kini tengah menunggu kedatangan Asus Zenfone 2. “Generasi terbaru ini menggunakan RAM 4 GB, sangat besar tetapi masih terbatas dan cepat habis,” tandas dia. (ley/han)